7 Jenis Camilan Tinggi Protein yang Sehat dan Aman Dikonsumsi, Buat Kenyang Lebih Lama!

7 Jenis Camilan Tinggi Protein yang Sehat dan Aman Dikonsumsi, Buat Kenyang Lebih Lama!

Ilustrasi makanan tinggi protein--unsplash.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Makanan yang tinggi protein baik dikonsumsi orang yang sedang diet karena membuat perut kenyang lebih lama, membentuk otot, dan mencegah kelebihan berat badan. 

Namun sayangnya, tidak semua makanan tinggi protein cocok untuk mendukung proses penurunan berat badan. Selain itu, konsumsi makanan tinggi protein berlebihan bisa menaikkan berat badan. 

Beberapa fungsi protein di antaranya membentuk jaringan dalam masa pertumbuhan dan perkembangan tubuh, memelihara jaringan tubuh, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan memperbaiki serta mengganti jaringan yang rusak atau mati.

Sayangnya, banyak makanan ringan yang mengandung karbohidrat dan gula olahan yang tinggi, yang membuat kita merasa tidak kenyang dan justru meningkatkan nafsu makan. 

BACA JUGA:

Untuk itu, pastikan camilan yang dikonsumsi bergizi dan mengandung protein. Protein meningkatkan rasa kenyang karena membantu pelepasan hormon penekan nafsu makan, memperlambat pencernaan, dan menstabilkan kadar gula darah. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa pilihan camilan berprotein tinggi yang menyehatkan.

Pisang 

Pisang merupakan buah yang kaya karbohidrat, tetapi protein pisang terbilang lebih sedikit dibandingkan tiga buah sebelumnya. Dalam satu buah pisang berukuran sedang (118 gram) mengandung 105 kalori, 27 gram karbohidrat, 14,4 gram gula, dan 1,3 gram protein. Walau demikian, pisang tetap baik untuk tubuh karena mengandung vitamin dan mineral lainnya yang baik bagi pencernaan, serta merupakan sumber prebiotik yang membantu pertumbuhan bakteri baik yang berfungsi membantu kerja sistem pencernaan.

Kacang almond 

Mengonsumsi segenggam kacang almond atau kacang jenis lain sebagai camilan adalah cara sederhana untuk menambah asupan protein. Satu ons almond menyediakan 6 gram protein, bersama dengan vitamin E, riboflavin, mineral, dan lemak sehat dalam jumlah yang cukup. Mengonsumsi kacang almond sebagai camilan secara teratur dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, salah satunya dapat membantu mengatur berat badan.

Yogurt yunani

Yoghurt Yunani merupakan sumber protein yang sangat baik. Satu porsi 200 g mengandung 18 g protein, yaitu sekitar 27 persen dari kebutuhan harian seseorang. Yoghurt Yunani juga merupakan sumber kalsium yang baik, yang sangat penting untuk kesehatan tulang seseorang, dan vitamin B-12, yang membantu menjaga saraf dan sel darah seseorang berfungsi dengan baik. Yoghurt Yunani adalah makanan ringan yang cepat, mudah, dan lezat dan dapat dikonsumsi bersama buah, atau dengan kacang-kacangan dan biji-bijian untuk menambah lebih banyak protein.

Granola batang 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: