Jenis Sayuran yang Wajib Dikonsumsi saat Lansia dan Rekomendasi Menu Sayur

Jenis Sayuran yang Wajib Dikonsumsi saat Lansia dan Rekomendasi Menu Sayur

Contoh jenis sayuran yag wajib dikonsumsi untuk kesehatan lansia.--unsplash.com

Buah rendah karbohidrat dan berserat tinggi ini memberikan banyak manfaat kesehatan. Kaya akan folat, labu siam bermanfaat untuk perkembangan janin, mengandung senyawa yang meningkatkan kesehatan hati dan jantung, serta membantu mengontrol kadar gula darah. Selain itu, labu siam juga mampu membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif, dan kesehatan kognitif. 

3. Brokoli

Brokoli adalah anggota keluarga sayuran silangan. Sayuran ini mengandung kaya serat, vitamin, dan fitokimia pencegah kanker.

4. Kubis

Seperti brokoli, kubis adalah sayuran silangan yang menyediakan banyak serat, vitamin, dan fitokimia yang berpotensi menghambat pertumbuhan kanker.

BACA JUGA:

5. Timun

Sayuran kaya air ini mengandung vitamin A, K, dan C, kalium, dan kalsium. Meningkatkan kesehatan tulang dan usus, membantu mengatur berat badan dan gula darah, dapat melindungi dari kanker tertentu, dan berkontribusi pada kesehatan jantung. 

6. Oyong

Oyong baik untuk penderita obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular karena kemampuannya untuk membantu dalam detoksifikasi, mengurangi risiko kanker, mempromosikan masa kehamilan dan menyusui yang sehat, dan menjaga kesehatan jantung. Nutrisi dalam oyong juga dikaitkan dengan mengontrol, memperkuat tulang, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

7. Wortel

Wortel dikenal sebagai sayur yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Namun lebih dari itu, wortel juga dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah, membantu mengontrol berat badan, dan berpotensi menurunkan risiko kanker. Wortel juga dapat membantu menjaga tekanan darah, pencegahan penyakit jantung, dukungan sistem kekebalan tubuh, dan baik untuk kesehatan otak. 

8. Selada

Beragam selada yang berbeda menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Umumnya, selada membantu memperkuat tulang, memberikan hidrasi, dan meningkatkan penglihatan. Jenis selada tertentu juga meningkatkan kualitas tidur. 

9. Buncis 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: