Jenis Sayuran yang Wajib Dikonsumsi saat Lansia dan Rekomendasi Menu Sayur

Jenis Sayuran yang Wajib Dikonsumsi saat Lansia dan Rekomendasi Menu Sayur

Contoh jenis sayuran yag wajib dikonsumsi untuk kesehatan lansia.--unsplash.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Lansia atau usia lanjut merupakan orang tua yang telah memasuki usia 60 tahun ke atas. Proses penuaan ini akan berdampak pada berbagai aspek kehidupan seperti ekonomi, sosial, serta kesehatan

Sudah bukan rahasia lagi jika nutrisi memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan yang optimal dalam hidup manusia. Namun, asupan nutrisi menjadi lebih penting lagi seiring bertambahnya usia seseorang, mengingat perubahan fisiologis dan gaya hidup yang terjadi.

Bagi lansia, nutrisi yang baik dapat melengkapi tubuh dengan energi yang diperlukan, menjaga berat badan, dan bahkan membantu pencegahan penyakit tertentu seperti osteoporosis, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan jenis kanker tertentu. 

Sejalan dengan hal tersebut, artikel ini berfokus pada sayur untuk lansia, peran besar sayuran dalam pola makan lansia, dan rekomendasi hidangan sayuran yang cocok untuk kelompok usia ini. 

BACA JUGA:

Untuk memenuhi kebutuhan gizi lansia tersebut, Anda bisa memberikan menu makanan yang menarik, tetapi juga sehat. Tak hanya itu, kondisi kesehatan masing-masing lansia pun perlu menjadi pertimbangan.

Vitamin dan mineral berperan besar dalam proses metabolisme energi. Vitamin B dan beberapa jenis mineral, termasuk yodium, mangan, belerang, kromium, dan molibdenum, berperan sebagai pemicu dalam proses pelepasan dan penyimpanan energi di mana mereka terlibat dalam berbagai reaksi metabolisme sebagai koenzim atau kofaktor. 

Sayuran, sumber utama vitamin dan mineral esensial tersebut, sangat penting dan diperlukan dalam pola makan lansia. Mengonsumsi berbagai macam sayuran secara rutin dapat mendukung proses metabolisme, menjaga berat badan ideal, bahkan menurunkan risiko penyakit kronis. 

Sayuran umumnya kaya akan serat makanan yang meningkatkan kesehatan pencernaan, serta berbagai vitamin dan mineral yang berkontribusi pada metabolisme energi. Oleh karena itu, mengombinasikan beragam sayuran segar ke dalam makanan untuk lansia sangat penting. 

10 Sayur yang Baik untuk Lansia

Pertanyaannya, sayur apa yang baik untuk lansia? Simak rekomendasinya di bawah ini!     

1. Bayam

Apakah sayur bayam baik untuk lansia? Daun berwarna hijau gelap ini kaya akan vitamin A dan C, yang mendukung kesehatan jantung dan membantu mengatur tekanan darah. Bayam juga kaya akan vitamin K, yang dikenal berperan penting dalam mencegah osteoporosis. Selain itu, bayam memiliki karotenoid yang melindungi mata dari kerusakan oksidatif sehingga bisa jadi salah satu pilihan sayur untuk lansia.

2. Labu siam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: