Menyimpan Segudang Khasiat Bagi Kesehatan Tubuh, Inilah 8 Manfaat Buah Salak yang Perlu Diketahui!

Menyimpan Segudang Khasiat Bagi Kesehatan Tubuh, Inilah 8 Manfaat Buah Salak yang Perlu Diketahui!

Ilustrasi buah salak.--Freepik.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Manfaat buah salak untuk kesehatan cukup menarik perhatian dan sayang jika dilewatkan. Pasalnya, ada manfaat salak untuk kesehatan yang terbukti secara klinis. Banyaknya manfaat yang diberikan buah salak tak lepas dari melimpahnya kandungan nutrisi dalam buah tersebut. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah salah di antaranya seperti protein, serat, vitamin C, vitamin B2, kalsium, kalium, zat besi dan masih banyak lagi.

Meski banyak digunakan sebagai bahan rujak, dimakan langsung, hingga menjadi keripik kering, tidak banyak orang mengetahui manfaat buah salak

Ada mitos yang masih dipercaya masyakarat bahwa dengan konsumsi salak dapat mengakibatkan sembelit atau susah untuk buang air besar.

BACA JUGA:

Hal tersebut masih bersifat mitos yang mana belum tentu kebenarannya, fakta menunjukkan bahwa dengan konsumsi salak secukupnya dapat mencegah terjadinya sembelit.

Itu karena kandungan serat pada salak berguna dalam mendukung kesehatan saluran cerna, meningkatkan bakteri baik yang ada di usus, serta membuat tinja jadi lebih lunak sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Ingin mengetahui manfaat serta kandungan yang ada pada buah salak, simak penjelasannya dibawah ini.

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Nyatanya, manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh cukup beragam. Berikut ini 8 manfaat dan kandungan buah salak:

1. Merawat Kesehatan Mata

Mengutip pemkomedan.go.id, buah salak memiliki kandungan beta-karoten dan vitamin A yang tinggi. Beta-karoten dan vitamin A berfungsi untuk merawat kesehatan mata sehingga mengkonsumsi salak secara rutin dapat menjaga kesehatan mata secara maksimal.

2. Mencegah dan Mengobati Penyakit Diare

Manfaat buah salak yang selanjutnya adalah mencegah dan mengobati penyakit diare. Manfaat satu ini dapat diperoleh dengan mengkonsumsi dua buah salak setiap harinya. Buah salak berguna dalam mengobati penyakit diare karena mengandung zat tanin yang berfungsi mengikat dan mengendapkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: