Manfaat Buah Salak untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Membuat Bayi Lahir dengan Cerdas!

Manfaat Buah Salak untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Membuat Bayi Lahir dengan Cerdas!

Ilustrasi buah salak.--Freepik.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Salak (Salacca zalacca) merupakan sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan. Buah unik dengan rasa manis khas ini sangat disukai oleh siapa saja, termasuk oleh para ibu hamil.

Namun buah salak sering kali dianggap pemicu sembelit sehingga ada pula yang memilih untuk tidak mengonsumsinya. Padahal nyatanya selama dikonsumsi dengan porsi wajar, manfaatnya justru lebih besar lho.

Apalagi di masa awal kehamilan ketika sering mengalami gejala morning sickness, salak dapat membantu mengatasi mual dan muntah yang dialami. Nah, apa saja, ya,manfaat salak untuk ibu hamil? Simak ulasannya pada artikel di bawah ini.

Mendukung perkembangan janin

Selain sebagai sumber serat, salak juga memiliki sifat antioksidan dan kandungan vitamin serta mineral yang tinggi. Ketika ibu hamil makan salak, buah ini dapat membantu mendukung perkembangan janin. Tak hanya itu, kandungan pektin yang tinggi juga efektif untuk membangun sistem kecerdasan janin selama dalam kandungan. 

BACA JUGA:

Meningkatkan fungsi otak

Sebagian ibu hamil mungkin akan mengeluhkan mudah lupa. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari perubahan hormon kehamilan, kurang tidur, atau stres yang tidak terkelola dengan baik. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk membantu mencegah terjadinya kondisi ini, sekaligus meningkatkan fungsi otak dan daya ingat Bumil adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi lengkap. Salah satu yang bisa Bumil pilih adalah salak. Soalnya, di dalam salak terkandung beta karoten, pektin, dan kalium, yang diketahui mampu meningkatkan aliran darah ke otak, yang bisa mendukung kesehatan sel-sel saraf di otak.

Menjaga kesehatan mata janin

Betakaroten memiliki manfaat untuk proses pembentukan mata janin, serta menjaga kesehatan mata juga. Selain di wortel, betakaroten juga dimiliki oleh buah salak lho. Betakaroten yang dimiliki dalam buah salak dapat membantu menyehatkan mata, serta mencegah terjadinya infeksi pada mata janin selama dalam kandungan. Ya, meski masih di dalam kandungan, mata janin juga tetap berisiko mengalami infeksi yang mungkin bisa mengganggu bagian retina atau lensa.

Menjaga kekebalan tubuh

Bagi sebagian orang, kehamilan membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Inilah yang membuat sang ibu perlu menjaga sistem kekebalan tubuh untuk menghindari virus. Buah salak mempunyai kandungan zink yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan komplikasi kehamilan lainnya. Asupan zink di dalam tubuh ibu hamil juga mengurangi risiko bayi lahir prematur hingga preeklamsia.

Menjaga kesehatan tulang

Orang dewasa dan ibu hamil perlu mendapatkan asupan mineral seperti kalsium untuk menjaga agar tulang tetap kuat. Tak hanya dari  suplemen, kalian juga bisa mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan kalsium cukup tinggi. Tambahan asupan kalsium dari salak dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang untuk ibu hamil, sehingga mencegah osteoporosis. Hal ini dikarenakan bayi dalam kandungan menyerap kalsium untuk perkembangan tulang dan giginya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: