7 Ide Sarapan Lezat Penurun Kolesterol, Awali Hari dengan Menu Sehat

7 Ide Sarapan Lezat Penurun Kolesterol, Awali Hari dengan Menu Sehat

Ide sarapan lezat penurun kolesterol--pexels.com/Jer Chung

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Memulai hari dengan sarapan sehat tak hanya memberi energi untuk beraktivitas, tapi juga berperan penting dalam menjaga kesehatan. Salah satu manfaat sarapan yang tak boleh dilewatkan adalah membantu menurunkan kolesterol.

Kolesterol tinggi dapat memicu berbagai masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, penting untuk mengontrol kadar kolesterol dengan pola makan yang tepat, termasuk memilih menu sarapan yang sehat dan lezat.

Dengan memilih menu sarapan sehat dan lezat, Anda dapat meningkatkan kesehatan dan menurunkan kolesterol untuk hidup yang lebih panjang dan berkualitas.

Berikut 7 ide sarapan lezat penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi di pagi hari:

1. Oatmeal dengan Topping Sehat

Oatmeal merupakan pilihan sarapan klasik yang kaya serat beta-glucan, jenis serat larut yang efektif menurunkan kolesterol LDL ("jahat").

BACA JUGA:

Untuk sarapan yang lebih lengkap dan lezat, tambahkan topping kaya nutrisi seperti buah-buahan segar, kacang-kacangan, biji-bijian, dan yoghurt rendah lemak. Hindari menambahkan terlalu banyak gula atau sirup.

2. Telur Rebus atau Orak-Arik

Telur merupakan sumber protein dan lemak sehat yang baik untuk sarapan. Pilihlah telur rebus atau orak-arik tanpa minyak berlebihan.

Anda dapat menambahkan sayuran seperti bayam, jamur, atau paprika untuk meningkatkan nilai gizi dan rasa. Sajikan dengan roti gandum utuh untuk sarapan yang mengenyangkan.

3. Smoothie Segar Kaya Buah dan Sayuran

Smoothie adalah cara praktis dan lezat untuk menikmati berbagai macam buah dan sayuran dalam satu hidangan. Pilihlah buah-buahan kaya serat seperti pisang, apel, dan pir, serta sayuran hijau seperti bayam dan kale.

Tambahkan yoghurt rendah lemak atau susu almond sebagai sumber protein dan kalsium. Hindari menambahkan terlalu banyak gula atau madu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: