5 Menu Sarapan yang Sebaiknya Dihindari untuk Menjaga Keseimbangan Nutrisi dan Kesehatan Optimal

5 Menu Sarapan yang Sebaiknya Dihindari untuk Menjaga Keseimbangan Nutrisi dan Kesehatan Optimal

Ilustrasi menu sarapan yang sebaiknya dihindari --freepik.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sarapan adalah waktu makan yang sangat penting karena menjadi sumber energi utama di pagi hari. Namun, tidak semua menu Sarapan memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. 

Memilih menu sarapan yang sehat dan seimbang sangat penting untuk menunjang aktivitas harian.

Menu sarapan yang tidak seimbang dapat menyebabkan lonjakan gula darah, cepat lapar, atau bahkan memicu rasa lesu. 

Menurut ahli gizi Destini Moody, RD, CSSD, LD, dikutip dari Real Simple, "Sarapan yang seimbang dapat didefinisikan sebagai sarapan berserat tinggi, karbohidrat kompleks, protein berkualitas tinggi, dan setidaknya satu porsi buah atau sayuran."

Berikut adalah lima menu sarapan yang sebaiknya dihindari untuk menjaga keseimbangan nutrisi dan kesehatan tubuh.

1. Sereal Manis

Sereal merupakan pilihan sarapan yang praktis dan cepat karena hanya perlu menuangkan sereal ke dalam mangkuk, lalu menambahkan susu. 

BACA JUGA:

Menu ini kerap menjadi favorit bagi mereka yang tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan sarapan. Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa jenis sereal memiliki kandungan serat yang rendah namun kaya akan gula tambahan.

Sereal dengan kandungan gula tinggi umumnya rendah akan makronutrien yang dapat membuat kenyang lebih lama dan mikronutrien yang mendukung kesehatan. 

Sebagai alternatif, pilihlah sereal yang mengandung kurang dari 10 gram gula per porsi. Kombinasikan dengan susu rendah lemak dan buah segar agar sarapan tetap bergizi dan mengenyangkan.

2. Yogurt Berperisa

Yogurt sering kali menjadi pilihan sarapan sehat, terutama jika dicampur dengan buah atau granola. Beberapa orang bahkan menggunakan yogurt sebagai bahan utama dalam smoothies. 

Namun, yogurt yang berperisa atau flavored yoghurt cenderung mengandung gula tambahan yang cukup tinggi dan sedikit buah segar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: