Para Pecinta Kopi Wajib Tahu Manfaat dan Jenis Kopi

Para Pecinta Kopi Wajib Tahu Manfaat dan Jenis Kopi

--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kopi menjadi salah satu minuman yang populer di dunia. Selain itu, Kopi juga memiliki beragam jenis yang mana pada setiap jenis Kopi tersebut memiliki masing-masing keunikannya. Beberapa biji Kopi memiliki karakteristik dan cita rasa tersendiri yang menjadi daya tarik, mulai dari Kopi yang manis, pahit, hingga Kopi yang beraroma. 

Secara umum, jenis kopi yang paling banyak dikenal adalah Arabica dan Robusta. Namun bukan hanya dua jenis tersebut, ada beberapa jenis kopi yang ada di pasaran saat ini. 

BACA JUGA:154.410 Jamaah Haji Tiba di Tanah Suci, 33 Jamaah Wafat, Berikut Daftarnya

Berikut jenis-jenis kopi:

1. Arabika

Arabika adalah jenis kopi yang paling populer dan dihargai karena rasa dan aromanya yang superior. Bijinya berbentuk oval dan sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Robusta. Arabika tumbuh di ketinggian yang lebih tinggi, biasanya di atas 600 meter, dan ini memberikan biji waktu yang lebih lama untuk berkembang, yang berkontribusi pada rasa yang lebih kompleks. Arabika biasanya memiliki rasa yang lebih halus dan sedikit asam.

2. Kopi Robusta

Jenis kopi ini menguasai 30 persen pasar dunia dan tersebar di berbagai negara seperti Indonesia dan Filipina. Kondisi tanah, iklim, dan proses pengolahan kopi Robusta dapat menghasilkan rasa yang berbeda-beda.

3. Excelsa

Excelsa, yang sebenarnya adalah subspesies dari Liberika, adalah jenis kopi yang jarang dan unik. Excelsa tumbuh di ketinggian yang sama dengan Arabika dan memiliki rasa dan aroma yang sangat berbeda, sering digambarkan sebagai tarty dan fruity. Meskipun Excelsa hanya menyumbang sekitar 7% dari konsumsi kopi dunia, penggemar kopi sering mencari jenis ini untuk variasi rasa.

BACA JUGA:Jelang Timnas Indonesia vs Tanzania, Asnawi Beberkan Tak Ada Kesulitan Adaptasi saat Training Camp

4. Liberika

Liberika memiliki aroma dan cita rasa yang unik. Janis kopi ini adalah gabungan antara citarasa aroma bunga, buah, dan sedikit asap yang beraroma kayu. Meskipun belum sepopuler arabika dan robusta, namun citarasa kopi liberika banyak diminati oleh para penggemarnya. Tanaman kopi jenis ini bisa tumbuh lebih tinggi daripada kopi arabika dan robusta. 

Selain itu, kopi liberika juga lebih kuat dalam hal bertahan hidup dibanding dengan kopi arabika. Biji kopi liberika dapat hidup di tanah yang bahkan kurang subur sekalipun. Liberika disebut berasal dari Liberia, meski ditemukan juga tumbuh liar di bagian Afrika lainnya. Di Indonesia, liberika banyak ditemukan di Jambi dan Bengkulu. Di Jambi, produksi liberika terkonsentrasi di daerah Tanjung Jabung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: