154.410 Jamaah Haji Tiba di Tanah Suci, 33 Jamaah Wafat, Berikut Daftarnya

154.410 Jamaah Haji Tiba di Tanah Suci, 33 Jamaah Wafat, Berikut Daftarnya

Ilustrasi Jemaah haji Indonesia yang wafat --net

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kementerian Agama (Kemenag)  terus mengingatkan para jamaah haji Indonesia untuk terus jaga kesehatan jelang puncak haji.

Per Minggu 2 Juni 2024, jemaah haji yang sudah tiba di Tanah Suci berjumlah 154.410 orang.

Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda mengimbau bahwasanya momentum menjalani puncak haji di Arafah, Muzdalifah, Mina dan lempar jumrah menuntut kesiapan prima, khususnya ketahanan fisik yang menjadi salah satu prasyarat jemaah dapat menjalankan tahapan Armuzna dengan lancar.

“Masa menunggu puncak haji tersebut, selain mendalami manasik haji, banyak jemaah yang memanfaatkan waktu tersebut untuk tawaf sunah atau ibadah umrah, bahkan sebagian jemaah melakukan umrah hingga berkali-kali,” katanya Minggu 2 Juni 2024.

Menurutnya, aktivitas tawaf sunah dan umrah berkali-kali dapat memicu ketahanan fisik melemah, dan rentan penyakit bawaan (komorbid) kambuh pada saat puncak haji mendatang.

BACA JUGA:

“Karenanya, jemaah diimbau untuk membatasi ibadah umrah dan aktivitas ibadah sunah yang berpotensi menguras energi,” ucapnya.

Sebagai informasi, per Minggu 2 Juni 2024 pukul 01.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), jemaah haji yang sudah tiba di Tanah Suci berjumlah 154.410 orang yang terbagi dalam 393 kelompok terbang.

Adapun jemaah yang wafat di Tanah Suci hingga saat ini berjumlah 33 orang. 

"Seluruh jemaah wafat akan dibadalhajikan,” tutup Widi.

Daftar Jemaah Haji yang Meninggal Dunia dikutip dari SISKOHAT Kemenag, Minggu, 2 Juni 2024

1. UPAN SUPIAN ANAS (71) Kloter JKS-2

2. DIDI ROWANDI (69) Kloter JKS-3

3. YUSMAN IRAWAN (64) PLM-2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: