Kenali Tanda Kampas Kopling Mobil Manual Sudah Habis dan Harus Diganti

Kenali Tanda Kampas Kopling Mobil Manual Sudah Habis dan Harus Diganti

Kenali tanda kampas kopling mobil manual sudah habis dan perlu diganti, salah satunya ada bau angus--Freepik

Bila kampas sudah benar-benar habis, mobil bisa masuk ke kondisi macet atau mobil diam namun mesin tetap hidup. Kondisi ini jelas membahayakan keselamatan kamu. Untuk itu, jika sudah merasakan akselerasi mobil berkurang, segera ganti kampas kopling lama dengan yang baru.

3. Pindah Persneling Terasa Berat

Ciri lain yang bisa dikenali dengan mudah adalah perpindahan persneling terasa berat. Dalam kondisi normal, perpindahan persneling bisa dilakukan tanpa susah payah.

Namun, jika harus mengeluarkan tenaga ekstra bila kampas kopling habis. Kampas kopling yang habis akan membuat mesin terus berputar tanpa henti. Perputaran yang terus menerus ini membuat transmisi sulit terhubung. Kalian akan kesulitan menggeser tuas persneling karena keras dan kaku. Cara mengatasinya tak lain adalah dengan memasangkan kampas kopling yang baru pada kendaraan.

BACA JUGA:Khusus Pemula, Tips Mengendarai Mobil Manual untuk Wanita

BACA JUGA:Ketahui Tanda dan Penyebab Rack Steer Mobil Rusak, Jangan Dibiarkan Bisa Merembet

4. Timbul Bau Hangus

Selain bisa dirasakan dan dilihat, ciri-ciri kampas kopling mobil yang habis juga bisa dideteksi dengan indera penciuman. Kampas kopling aus atau habis karena terbakar akan mengeluarkan bau hangus.

Bau hangus ini mulanya tidak tercium dari kabin. Namun saat kampas sudah menipis, bau gosong akan menguat hingga kabin mobil. Kopling aus tidak hanya berpengaruh pada kondisi mobil, tapi juga bisa membuat penumpang tidak nyaman saat berkendara karena bau hangusnya.

Kampas kopling akan mudah terbakar jika sedang melalui area tanjakan atau turunan curam seperti jalanan di pegunungan. Kontur jalanan yang naik turun akan membuat perpindahan transmisi menjadi intens. Hasilnya, kampas kopling akan terbakar akibat gesekan tinggi antara flywheel dan plat penekan.

5. Mesin Cepat Panas

Kampas kopling yang sudah habis bisa menjadikan suhu mesin kendaraan meningkat secara drastis sebagai tanda kampas kopling mobil habis. Sebenarnya, mesin mobil terasa panas saat digunakan adalah hal yang lumrah. Bagaimanapun juga, ada banyak energi yang diolah mesin saat mobil bergerak.

Namun, kalian harus waspada jika mesin cepat panas. Mesin yang cepat panas adalah salah satu ciri-ciri kampas kopling mobil habis. Saat kampas kopling habis, rotasi mesin akan meningkat. Kondisi kampas yang menipis akan membuat permukaannya licin. Nah, licinnya permukaan kampas inilah yang kemudian membuat rotasi mesin menjadi semakin cepat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: