Bikin Mobil Jadi Awet, 6 Hal ini Sangat Dilarang saat Mengendarai Mobil Manual

Bikin Mobil Jadi Awet, 6 Hal ini Sangat Dilarang saat Mengendarai Mobil Manual

Salah satu hal yang sangat dilarang dalam mengendarai mobil manual adalah menaruh tangan di tuas persneling mobil dan kaki ditumpu pada kopling mobil.--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Banyak orang yang bisa mengendarai mobil, namun belum tentu kebanyakan dari mereka benar-benar memahami cara berkendara yang baik.

Tidak semua orang paham dalam berkendara yang baik dan benar, sebagian orang hanya mengetahui cara mengemudi tanpa memperhatikan kondisi mobil.

Sebenarnya banyak tindakan kita yang tanpa kita sadari bisa merusak kendaraan, terutama pada kendaraan mobil dengan transmisi manual.

BACA JUGA:Khusus Pemula, Tips Mengendarai Mobil Manual untuk Wanita

Banyak hal penting untuk Anda pahami selain dari sekedar berkendara saja, terutama untuk kendaraan manual.

Mengendari mobil manual memang lebih repot dibandingkan mobil otomatis. Ada beberapa hal yang berbeda dengan cara mengendarainya.

Seperti saat perpindahan gigi dalam transmisi, mobil manual butuh bantuan kopling sedangkan untuk otomatis tidak perlu. Karena secara otomatis akan berpindah dengan sendiri.

Selain itu dari kondisi tanjakan, mobil manual harus bisa mengatur ritme kendaraannya, salah-salah bisa mundur atau loncat. Berbeda dengan otomatis yang hanya mengandalkan rem dalam kondisi tanjakan dan tidak perlu khawatir.

Namun ada beberapa unggulan yang bisa dimiliki oleh mobil manual dibandingkan dengan mobil otomatis. Dari segi performa, manual pasti lebih agresif dibandingkan dengan otomatis pada standarnya. Sebab akselrasi mobil manual lebih bertenaga dibandingkan dengan mobil otomatis yang kurang bertenaga terlebih dalam rpm rendah.

Biaya perawatan juga lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil otomatis. Dan apabila mobil tidak digunakan dengan baik, mobil otomatis lebih mudah rusak dibandingkan mobil manual.

Berikut ini ada beberapa hal penting yang harus pengemudi mobil manual pahami supaya berpengaruh pada masa pakainya. Ingat jangan lakukan hal ini pada mobil Anda:

1. Injak kopling dan masuk gigi saat lampu merah

Banyak yang menyepelekan hal ini, kebiasaan pengemudi saat dilampu merah masih banyak yang menginjak kopling dan memasukan gigi rendah. Banyak yang beralasan hal ini agar mempermudah dan lebih cepat saat lampu lalu lintas berubah jadi hijau.

Perlu diingat apabila Anda masih melakukan hal itu, bisa membuat otot kaki terasa lebih cepat pegal. Dan kopling menjadi cepat rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: