Khusus Pemula, Tips Mengendarai Mobil Manual untuk Wanita

Khusus Pemula, Tips Mengendarai Mobil Manual untuk Wanita

--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pertama-tama, mari mengenal dulu apa itu mobil bertransmisi manual. Sesuai dengan namanya, mobil manual merupakan mobil yang dilengkapi dengan sistem transmisi manual.

Pada mobil manual, kamu bisa menemukan tuas persneling atau stik gigi beserta pedal kopling yang dioperasikan secara manual saat berkendara untuk melakukan pergantian gigi mobil.

Mengendarai mobil manual sering dikatakan lebih sulit, terutama bagi pemula. Tetapi apabila kamu sudah belajar dan berlatih mengendarainya dengan baik maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Untuk bisa Belajar Mobil Manual memang tidak bisa di anggap gampang, meskipun bukan juga hal yang mustahil. Secara umum, mobil manual adalah jenis mobil yang menggunakan transmisi manual untuk bisa melaju. Mobil jenis ini memiliki 3 pedal di dalamnya yaitu gas, rem dan kopling.

BACA JUGA:5 Hp Gaming Rp2 Jutaan, Rekomendasi Buat Kamu yang Pengen Pengalaman Gaming Lancar

Cara kerja dari mobil manual sangatlah berbeda dengan mobil matic, karena mobil manual lebih rumit. Pemula sebaiknya memahami dengan benar tentang mobil manual, agar bisa berkendara dengan baik. Supaya kamu lancar mengendarai mobil manual, maka kamu perlu banyak berlatih.

Jika kamu mengetahui cara belajar mobil manual, maka kamu bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Kamu perlu paham mengenai berbagai fitur mobil, proses untuk transmisi gigi, menciptakan kenyamanan dan selalu menjaga keselamatan dalam berkendara.

Berikut tips mengendarai mobil manual bagi wanita

1. Memahami semua tombol yang ada di kendaraan

kamu pasti pernah merasa grogi dan takut saat pertama kali mengemudikan mobil. Hal ini merupakan hal yang wajar karena kamu memiliki risiko yang cukup besar. Namun hal ini bisa kamu kurangi dengan memiliki beberapa informasi dasar tentang semua fungsi dari tombol dan fitur yang ada pada mobil.

Kamu akan berhadapan dengan berbagai macam tombol yang memiliki fungsi berbeda-beda sehingga kamu harus paham fungsinya agar kamu bisa menggunakannya secara maksimal. Kalau tidak mengerti informasi ini maka sangat wajar bagi kamu untuk takut saat berkendara. Setelah kamu memahami semua fungsi dari tombol yang ada, kamu bisa langsung menerapkan ilmu tersebut supaya kamu bisa lebih ahli dalam berkendara.

2. Berlatih di tempat yang tepat

Cara belajar mobil manual untuk wanita selanjutnya adalah berlatih di tempat yang sesuai. Kamu bisa berlatih di lapangan yang luas. Lapangan dianggap sebagai tempat yang paling cocok untuk berlatih mengemudi karena kamu tidak akan menemukan penghalang.

Kalau kamu tidak bisa menemukan lapangan luas di daerah tempat tinggal maka bisa menggunakan jalan umum yang sepi pengendara. Bisa menggunakan cara yang satu ini supaya tidak terlalu merasa grogi saat bertemu pengendara lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: