6 Tips Cara Tepat untuk Mengemudi Mobil Matic Biar Nggak Boros Bensin

6 Tips Cara Tepat untuk Mengemudi Mobil Matic Biar Nggak Boros Bensin

Mobil matic yang kita gunakan biasanya memicu permasalahan internal.--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mobil matic kini menjadi primadona dibandingkan Mobil manual, khususnya untuk mereka yang mobilitasnya di kota-kota besar.

Padahal sebelum mobil matic mewabah di masa sekarang ini, stigma dari masyarakat lebih menganggap bahwa jenis mobil ini lebih boros dibandingkan mobil manual.

Namun di jaman yang harus serba cepat dan banyaknya aktivitas, terlebih kondisi lalu lintas yang lebih padat membuat kendaraan matic menjadi pilihan ideal.

Hal ini dikarenakan penggunaan matic lebih praktis dan tidak perlu menggunakan banyak tenaga dibandingkan mobil manual.

Akan tetapi stigma masyarakat dulu masih menganggap mobil matic lebih boros dibandingkan mobil manual.

BACA JUGA:

Dan jika Anda salah satunya, berikut ini ada cara untuk menyiasati agar mobil matic jadi lebih irit saat digunakan sebagai mobilitas harian.

Cara Mobil Matic agar Irit BBM

Perlu dipahami bahwa mobil matic hanya tersedia dua pedal, yakni gas dan rem, jadi untuk mengetahui cara mobil matic agar irit BBM tergantung pada pemiliknya.

Berikut cara mobil matic agar lebih irit BBM:

1. Injak Pedal Gas secara Perlahan dan Konsisten

Injak pedal gas secara perlahan, karena pada mobil matik ketika posisi tuas transmisi sudah posisi D, maka mobil akan jalan dengan kecepatan rendah. Maka itu, Anda hanya perlu menginjak pedal gas secara perlahan saja untuk menambah kecepatan.

Sehingga aliran konsumsi bahan bakar tidak terlalu deras. Kecuali jika memang ingin memperoleh akselerasi yang cukup tinggi saat ingin menyalip kendaraan di depan.

Selain itu usahakan berkendara di kecepatan konstan. Jangan terlalu sering memainkan pedal gas, karena semakin sering menginjak pedal gas lebih dalam akan membuat konsumsi BBM jadi lebih banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: