Konspirasi Illuminati: Mengungkap Rahasia di Balik Kelompok Misterius

Konspirasi Illuminati: Mengungkap Rahasia di Balik Kelompok Misterius

Konspirasi Illuminati: Mengungkap Rahasia di Balik Kelompok Misterius--Foto: ideogram.ai

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mitos ini telah berkembang sejak adanya masyarakat rahasia di Bavaria pada abad ke-18. Keberadaan sebuah kelompok rahasia yang dikenal sebagai Illuminati tetap menjadi salah satu teori konspirasi yang paling bertahan hingga saat ini.

Dokter, politisi, aktor, dan musisi telah dituduh menjadi anggota kelompok bayangan yang konon mengendalikan dunia.

Meski sebagian besar rumor adalah fiksi, kelompok ini sendiri memang ada, meskipun pengaruhnya tidak sebesar dan tidak sekuat yang diklaim oleh para penganut teori konspirasi modern.

Bagaimana Illuminati dimulai?

Ordo Illuminati adalah kelompok rahasia yang didirikan di Bavaria pada tahun 1776 oleh Adam Weishaupt, yang percaya bahwa "monarki dan gereja menekan kebebasan berpikir", seperti dikutip dari  National Geographic.

BACA JUGA:

Weishaupt "memutuskan untuk menemukan bentuk 'pencerahan' lain, seperangkat ide dan praktik yang dapat diterapkan untuk mengubah cara negara-negara Eropa dijalankan secara radikal", kata majalah itu. 

Dia mendasarkan masyarakatnya pada Freemason, dengan hierarki dan ritual misterius, dan menamakannya Ordo Illuminati untuk mencerminkan cita-cita tercerahkan dari anggotanya yang terdidik.

Masyarakat ini berkembang dari segelintir orang menjadi beberapa ribu, termasuk beberapa anggota berpengaruh, dengan yang paling terkenal diduga adalah pemikir Jerman Johann Wolfgang von Goethe – meskipun hal ini diperdebatkan. 

Namun, kelompok ini tidak bertahan lama setelah Karl Theodor, Penguasa Bavaria, melarang kelompok rahasia dengan hukuman mati pada akhir 1780-an.

BACA JUGA:

"Sebagian besar rahasia kelompok ini diungkap atau diterbitkan, dan, jika Anda percaya sebagian besar sejarawan, Illuminati menghilang," seperti dikutip dari Vox. Namun, sejak kelompok nyata ini dibubarkan, "mitosnya masih berkembang".

Bagaimana mitos ini berkembang?

Menurut penulis David Bramwell, “pada masa kontra-budaya, LSD, dan ketertarikan pada filosofi Timur pada tahun 1960-an bertanggung jawab atas inkarnasi modern kelompok ini (yang sama sekali tidak berdasar)", dilansir dari BBC Future. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: