Konspirasi Illuminati: Mengungkap Rahasia di Balik Kelompok Misterius

Konspirasi Illuminati: Mengungkap Rahasia di Balik Kelompok Misterius

Konspirasi Illuminati: Mengungkap Rahasia di Balik Kelompok Misterius--Foto: ideogram.ai

"Semuanya dimulai di tengah-tengah Summer of Love dan fenomena hippie, ketika sebuah teks kecil yang dicetak muncul: Principia Discordia”.

Buku ini memuji sistem kepercayaan alternatif – Discordianisme – yang mengajarkan bentuk anarkisme dan melahirkan gerakan Discordian, yang akhirnya ingin menyebabkan ketidakpatuhan sipil melalui lelucon praktis dan tipuan.

BACA JUGA:

Salah satu pendukung utama ideologi baru ini adalah seorang penulis bernama Robert Anton Wilson, yang ingin membawa kekacauan kembali ke masyarakat dengan menyebarkan "informasi salah melalui semua portal – melalui kontra budaya, melalui media arus utama", kata Bramwell. 

Para pengikutnya melakukan ini dengan mengirimkan surat palsu ke majalah, mengaitkan penutupan dan teori konspirasi, seperti pembunuhan JFK, kepada organisasi elit rahasia yang disebut Illuminati.

Wilson kemudian mengubah teori-teori ini menjadi sebuah buku, "The Illuminatus Trilogy", yang menjadi sukses kultus yang mengejutkan dan bahkan dibuat menjadi drama panggung di Liverpool, meluncurkan karier aktor Inggris Bill Nighy dan Jim Broadbent.

Ada "kepanikan Illuminati" yang jauh lebih awal, kata Vox, seperti pada tahun 1798, ketika George Washington "menulis surat yang membahas ancaman Illuminati (dia percaya itu telah dihindari, tetapi menyebutkannya membantu memperkuat mitos tersebut)". Kepanikan ini "memudar", tetapi tetap saja "memberikan kelompok ini patina legitimasi", kata situs tersebut.

BACA JUGA:

Gagasan tentang elit global yang kuat yang bersekongkol untuk menguasai dunia tetap menjadi keyakinan kecil yang didukung oleh segelintir penggemar hingga tahun 1990-an. 

Internet mengubah semua itu, memberikan platform global kepada para penganut teori konspirasi untuk menjelaskan keyakinan mereka dan menyajikan bukti mereka kepada audiens yang luas.

Seberapa populer mitos ini saat ini?

Mitos ini tetap menjadi "salah satu teori konspirasi yang paling banyak dipromosikan di dunia", kata BBC Future. Namun, mitos serupa lainnya telah muncul selama bertahun-tahun.

Teori konspirasi New World Order, misalnya, tumpang tindih dengan konspirasi Illuminati, tetapi mereka "tidak sinonim", jelas Institute for Strategic Dialogue.

BACA JUGA:

Teori tentang bagaimana New World Order beroperasi berkisar dari ide yang relatif sederhana hingga yang benar-benar aneh. Kelompok ini telah dikaitkan "dengan segala sesuatu mulai dari Revolusi Prancis hingga pembunuhan JFK" dan menjadi "inspirasi bagi Angels & Demons karya Dan Brown dan Foucault's Pendulum karya Umberto Eco", dilansir dari History.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: