Mitos Atau Fakta, Rasa Cemas yang Berlebihan Bisa Meningkatkan Risiko Asam Lambung?

Mitos Atau Fakta, Rasa Cemas yang Berlebihan Bisa Meningkatkan Risiko Asam Lambung?

Rasa cemas yang berlebihan disebut-sebut dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan lambung-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Rasa cemas yang berlebihan disebut-sebut dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan lambung seperti asam lambung

Lantas, apakah pandangan itu benar?

Simak penjelasannya yang dirangkum dari berbgai sumber

Ketika seseorang merasa cemas atau stres secara berlebihan, tubuh akan merespons dengan melepaskan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. 

Respons tubuh ini dapat memengaruhi fungsi lambung dan sistem pencernaan secara keseluruhan.

BACA JUGA:Inilah Risiko Serta Dampak Penyakit yang Dialami Wanita Hamil di Usia 40 Tahun ke Atas

Berikut adalah beberapa cara di mana rasa cemas yang berlebihan dapat mempengaruhi produksi asam lambung dan meningkatkan risiko terjadinya asam lambung:

1. Stimulasi Produksi Asam Lambung

Rasa cemas dapat merangsang sistem saraf simpatik, yang mengontrol respons "fight or flight" tubuh. Ini dapat meningkatkan produksi asam lambung di lambung sebagai bagian dari respons tubuh terhadap stres.

2. Perubahan Pola Makan

Beberapa orang cenderung mengubah pola makan mereka saat merasa cemas, seperti makan terlalu cepat atau makan makanan yang tidak sehat. Ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan meningkatkan risiko terjadinya asam lambung.

3. Perubahan Gerakan Usus

Stres dan kecemasan dapat memengaruhi gerakan usus dan peristaltik, yang dapat memperlambat proses pencernaan dan mengakibatkan penumpukan asam lambung di lambung.

4. Gangguan Keseimbangan Mikrobiota Usus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: