Inilah Risiko Serta Dampak Penyakit yang Dialami Wanita Hamil di Usia 40 Tahun ke Atas

Inilah Risiko Serta Dampak Penyakit yang Dialami Wanita Hamil di Usia 40 Tahun ke Atas

Ilustrasi orang hamil.-Foto: Unsplash.com/HeatherMount-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Wanita yang menginjak usia 40 tahun ke atas sangat berisiko untuk mengandung ataupun melahirkan. Kehamilan memang merupakan hal yang dinanti banyak orang. Tetapi, Kehamilan kerap menimbulkan beberapa perubahan pada tubuh ibu.

Sebab, saat ibu di usia tersebut akan cenderung lebih rentan untuk mengalami masalah dan komplikasi kehamilan. Ini disebabkan seriring bertambahnya usia tingkat kesuburan ibu dan vitalitas tubuh menurun.

Menurut dokter spesialis kebidanan, usia ideal bagi seorang ibu mengandung ialah di umur 25 tahun hingga 35 tahun. Pada periode tersebut, organ-organ reproduksi akan bekerja secara optimal.

Berikut ini beberapa risiko dan penyakit yang dapat timbul bagi ibu yang hamil di usia 40 tahun ke atas, yang dilansir melalui laman Healthline dibawah ini:

BACA JUGA:

Kelainan pada Anak

Salah satu yang paling banyak diketahui adalah risiko anak lahir dengan kelainan bawaan seperti down syndrome. Menurut data National Childbirth Trust, kemungkinan memiliki anak down syndrome meningkat dari yang mulanya 1 per 1.000 wanita hamil usia 30 tahun, menjadi satu per 400 wanita hamil di usia 35 tahun. Kemungkinan ini terus meningkat sesuai dengan umur ibu.

 

Keguguran 

Wanita yang mengandung di usia 40 tahun ke atas akan memiliki risiko keguguran yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang lebih muda. Hal ini karena penurunan kualitas telur dan peningkatan risiko kelainan kromosom pada janin yang dapat menyebabkan keguguran pada tahap awal kehamilan. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal, risiko keguguran pada wanita yang hamil di usia 40 tahun ke atas mencapai 53%, sementara hanya sekitar 10% pada wanita yang berusia 25-29 tahun. Hamil pada usia 40 tahun ke atas membawa pengalaman dan tantangan bagi setiap wanita, karena menimbulkan risiko kesehatan baik bagi ibu maupun janinnya.

 

Tekanan Darah Tinggi dan Preeklamsia

Usia kehamilan 40 tahun ke atas merupakan faktor risiko terjadinya preeklampsia. Preeklamsia merupakan kondisi tekanan darah tinggi saat hamil. Kondisi ini mengharuskan Anda untuk lebih rutin mengukur tekanan darah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: