Bahaya untuk Kesehatan Fungsi Ginjal, 7 Minuman ini Tidak Baik Dikonsumsi Secara Rutin!

Bahaya untuk Kesehatan Fungsi Ginjal, 7 Minuman ini Tidak Baik Dikonsumsi Secara Rutin!

Ilustrasi minuman perusak ginjal.-Foto: Unsplash.com/JoannaKosinska-

Susu

Susu mengandung fosfor yang cukup tinggi. Mengutip Healthline, meski baik untuk pertumbuhan tulang, namun terlalu banyak fosfor tak baik untuk ginjal. Penumpukan fosfor di dalam darah dapat menarik kalsium. Selain itu, susu juga tinggi protein. Asupan protein berlebihan juga dapat memicu penumpukan protein di dalam darah yang berbahaya untuk ginjal.

BACA JUGA:

Minuman Vitamin C

Studi menemukan bahwa konsumsi suplemen vitamin C dengan dosis tinggi secara terus-menerus dapat meningkatkan risiko terhadap ginjal. Penelitian ini menunjukkan bahwa suplemen vitamin C dengan dosis tinggi dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal, terutama pada partisipan laki-laki, karena vitamin C dapat diubah menjadi oksalat yang, saat bersatu dengan kalsium dalam urine, dapat memicu pembentukan batu kalsium oksalat, jenis batu yang umum pada penderita batu ginjal.

Kopi

Meski bisa meningkatkan energi, namun kopi juga termasuk ke dalam minuman yang merusak ginjal. Kandungan kafein di dalamnya bersifat diuretik dan dapat menurunkan fungsi ginjal untuk menyerap air. Studi menemukan, orang yang terlalu banyak mengonsumsi kafein berisiko mengalami batu ginjal dan penyakit ginjal kronis. Selain kopi, kamu juga perlu membatasi asupan teh berkafein.

Demikianlah, ulasan artikel di atas terkait minuman yang tidak baik dikonsumsi secara rutin untuk kesehatan funsi ginjal. Semoga  bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: