Hari Kebangkitan Nasional ke 166 Tahun 2024: Bangkit untuk Menuju Indonesia Emas

Hari Kebangkitan Nasional ke 166 Tahun 2024: Bangkit untuk Menuju Indonesia Emas

Peringatan disetiap tanggal 20 Mei, Hari Kebangkitan Nasional, Tema tahun 2024 : Bangkit untuk Menuju Indonesia Emas Foto : Disway --

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Setiap tanggal 20 Mei, Bangsa Indonesia memperingati peristiwa bersejarah. Peringatan di tanggal 20 Mei itu, dikenal dengan sebutan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas)

Peringatan di tanggal 20 Mei, biasanya diperingati dengan menggelar kegiatan Upacara Bendera, baik di sekolah-sekolah di Kantor-Kantor mengingat momen itu lahir organisasi Boedi Oetomo tepatnya 20 Mei 1908 dan dirayakan sebagai Hari Kebangkitan Nasional. 

Dari Organisasi Boedi Oetomolah muncul kesadaran di kalangan anak Bangsa, sekaligus melahirkan benih-benih semangat persatuan dan perjuangan di kalangan Masyarakat Indonesia yang saat itu masih terpecah-pecah.

Semangat untuk  bersatu, kita teguh, sampai akhirnya membara di dada setiap pemuda-pemudi Indonesia kala itu. Perasaan Senasib sepenanggungan sebagai sesama anak Bangsa, yang masih dicengkerem oleh kuku-kuku penjajah. 

Setiap tahun peringatan Harkitnas selalu menyelipkan tema-tema khusus, dan untuk  tahun 2024 ini, tema yang diangkat adalah, Bangkit untuk  Indonesia Emas.

BACA JUGA:

Harkitnas ke-116 tahun 2024 seperti sekarang terasa penting karena Indonesia mau mewujudkan Indonesia Emas. Tema Bangkit untuk  Indonesia emas menjadi pilihan karena dapat membawa nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk  bangkit menuju Indonesia Emas.

Terlebih seperti sekarang ini, temanya sangat relevan dengan situasi pasca demokrasi yang menguras energi dan emosi Bangsa Indonesia yang kita cintai.

Oleh karenanya Bangsa Indonesia perlu bersatu padu, menjauhi kerenggangan dan perbedaan pendapat dengan mengedepankan kepentingan yang lebih luas lagi bagi anak cucu Bangsa di Masa yang akan datang.  

Bangkit untuk Menuju Indonesia Emas merupakan tema yang tepat, agar semangat bangkit menggelora disetiap dada Bangsa Indonesia menjadi sebuah Bangsa yang hebat, Bangsa yang disegani dan Bangsa yang kokoh dalam menjaga persatuan dan kesatuannya.

Bangsa yang tidak mudah diadu domba, Bangsa yang tidak mudah menyerap informasi-informasi Hoaks yang hanya akan meruntuhkan nilai-nilai nasionalisme Indonesia, Cinta Tanah Air, serta sebagai Bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika yang berarti Berbeda-beda namun tetap satu Jua.

Harkitnas merupakan hari yang bersejarah bagi Indonesia, sebagai upaya mengenang  kembali bangkitnya Bangsa Indonesia untuk  menggapai kemerdekaan yang telah lama dicita-citakan.

Para Pahlawan-pahlawan Bangsa, telah berjuang dengan gigih, untuk  meraih kemerdekaan yang akhirnya tercapai melalui Proklamasi pada 17 Agustus 1945.

Hari Kebangkitan Nasional yang dimulai dari 20 Mei 1908 kala dirikannya sebuah organisasi Boedi Oetomo menjadi tonggak Bangsa Indonesia bersatu padu, sebagai sebuah bangsa saat berjuang guna meraih kehormatan Bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: