Hari Kebangkitan Nasional ke 166 Tahun 2024: Bangkit untuk Menuju Indonesia Emas

Hari Kebangkitan Nasional ke 166 Tahun 2024: Bangkit untuk Menuju Indonesia Emas

Peringatan disetiap tanggal 20 Mei, Hari Kebangkitan Nasional, Tema tahun 2024 : Bangkit untuk Menuju Indonesia Emas Foto : Disway --

Sejarah Berdirinya Boedi Otemo yang menjadi tonggak Harkitnas.

Boedi Oetomo didirikan pada tanggal 20 Mei 1908. Pendirinya adalah dr. Soetomo dan para pelajar school tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA). Penggagas berdirinya Boedi Oetomo adalah dr Wahidin Sudirohusodo untuk bergerak di bidang Sosial, Ekonomi, Budaya dan Politik.

Berdirinya Boedi Oetomo menjadi awal pergerakan yang bertujuan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Boedi Oetomo menjadi awal sebuah era nasionalisme di Indonesia, yang dikenal dengan nama pergerakan nasional.

Hal ini menjadi cikal bakal Persatuan Indonesia, yang dipelopori oleh kalangan pemuda namun memiliki pendidikan tinggi.Tokoh yang tercatat sebagai pendiri Boedi Oetomo adalah Mohammad Soelaiman, Gondo Soewarno, Goenawan Mangoenkoesoemo, Raden Angka Prodjosoedirdjo, Muhammad Saleh, Raden Mas Goembrek dan Soewarno.

Seiring perkembangan waktu anggota Boedi Oetomo terus bertambah, antara lain hadirnya tokoh-tokoh penting pergerakan Indonesia yang semakin mempertebal rasa nasionalisme untuk  meraih kemerdekaan.

Tokoh penting tersebut adalah Ki Hadjar Dewantara, Tjipto Mangoenkoesoemo, Tirto Adhi Soerejo, Pangeran Ario Notodirodjo dan Raden Adipati Tirtokoesoemo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: