Tema dan Makna Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2024, Bangkit Untuk Indonesia Emas

Tema dan Makna Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2024, Bangkit Untuk Indonesia Emas

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2024 ke-116 dengan tema "Bangkit Untuk Indonesia Emas"--Kominfo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Hari ini tepat tanggal 20 Mei 2024, Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasioal ke-116.

Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei, dengan tujuan untuk mengenang dan merayakan momentum kebangkitan nasionalisme, persatuan, dan kesatuan Bangsa Indonesia.

Peringatan ini sekaligus merayakan berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada tahun 1908, yang menjadi salah satu penggerak dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia.

Merayakan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-116, pemerintah mengambil tema "Bangkit Untuk Indonesia Emas".

Dengan harapan meningkatkan semangat nasionalisme dalam diri. Di mana kita dituntut untuk mengingat Kembali pentingnya semangat cinta Tanah Air dan rasa nasional di seluruh lapisan masyarakat Indonesia, terutama pada generasi muda bangsa.

BACA JUGA:

Adapun maksud lain dari tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2024 adalah untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Dengan harapan mampu menggalangkan rasa semangat persatuan dan kesatuan bangsa di tengah kehidupan bermasyarakat yang terdiri dari berbagai suku, Bahasa, dan budaya. Melalui perbedaan ini, masyarakat bisa Bersatu untuk mencapai tujuan Bersama.

Tema Peringatatan Hari Kebangkitan Nasional

Hari Kebangkitan Nasional bertujuan agar kita menghormati sejarah perjuangan para pahlawan demi kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia. 

Hari Kebangkitan Nasional juga juga bisa mendorong pembangunan dan Inovasi guna menuju Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

Selain itu mewujudkan visi Indonesia emas 2045 yakni menyongsong 100 tahun kemerdekaan Indonesia dengan mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul, ekonomi yang kuat, dan masyarakat yang adil dan makmur.

Tema "Bangkit Untuk Indonesia Emas" mencerminkan harapan dan komitmen untuk membawa Indonesia menjadi negara yang semakin kuat dan berdaya saing di tingkat global, dengan memanfaatkan potensi yang ada secara optimal dan berkelanjutan.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: