Sambut Tahun Yubileum 2025, Paus Fransiskus Undang Umat Katolik Berziarah dan Mendapat Pengampunan

Sambut Tahun Yubileum 2025, Paus Fransiskus Undang Umat Katolik Berziarah dan Mendapat Pengampunan

Vatikan merilis logo Tahun Yubileum 2025 --Vatikan

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pemimpin Tertinggi umat Katolik dunia, Paus Fransiskus telah mengumumkan jadwal Tahun Yubileum 2025.

Pengumuman tersebut dibacakan Ketika Paus Fransiskus memimpin pembacaab bulla kepausan dalam menyambut Hari Kenaikan Tuhan Yesus Kristus di Basilika Santo Petrus, Vatikan pada Kamis 9 Mei 2024.

Diketahui Tahun Yubileum diselenggarakan setiap 25 tahun sekali, di mana pada tahun tersebut Vatikan memiliki tradisi yakni mengundang umat Katolik di seluruh dunia untuk berziarah dan mendapatkan pengampunan.

BACA JUGA:

Momen langka ini secara resmi akan dimulai pada malam Natal tepatnya pada tanggal 24 Desember 2024, dengan penandaan pembukaan Pintu Suci di Basilika Santo Petrus oleh Bapak Puas Fransiskus hingga berakhirnya Tahun Yubileum pada 6 Januari 2026.

Sebelumnya, Tahun Yubileum dilaksanakan pada tahun 2000, dibawah kepemimpinan Sri Paus Johannes Paulus II, dan dihadiri oleh kurang lebih 25 juta jiwa dari seluruh dunia yang melakukan perziarahan.

Pada pengumuman Tahun Yubileum 2025, Paus Fransisku mengutip sebuah ayat dari Alkitab betapa "pengharapan tidak mengecewakan," yang mendasari Tahun Yubileum 2025. "Harapan dibutuhkan bagi bangsa dan negara yang melihat masa depan dengan rasa takut dan kegelisahan," kata Paus Fransiskus.

Dalam kesempatan ini, umat Katolik di seluruh dunia untuk melintasi empat Pintu Suci Vatikan di Basilika Santo Petrus, Santo Yohanes Lateran, Bisilika Santo Paulus dan Basilika Santa Maria Maggiore.

Diperkirakan, Tahun Yubileum kali ini akan menjaring sebanyak 34 juta peziarah Katolik dari seluruh dunia.

Selain itu, Paus Fransiskus juga menyampaikan kepada seluruh negara untuk membantu negara yang membutuhkan bantuan. Serta mengakui konsekuensi dari keputusan-keputusan di masa lalu untuk mengampuni negara yang memiliki utang dan tidak sanggup untuk melunasinya.

BACA JUGA:

Bulla kepausan

Yubileum Kerahiman secara resmi dideklarasikan melalui bulla kepausan Misericordiæ Vultus, yang dikeluarkan pada tanggal 11 April 2015, yang mana menekankan pentingnya kerahiman atau belas kasih dan kebutuhan untuk "menatap" padanya; bulla tersebut juga mengingatkan perlunya Gereja bersikap lebih terbuka, dan tetap menghidupi semangat Konsili Vatikan II.

Pintu-pintu suci semua basilika utama di Roma (termasuk Pintu Suci Basilika Santo Petrus) dibuka, dan "Pintu-pintu Kerahiman" khusus dibuka di berbagai katedral dan gereja utama lainnya di seluruh dunia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: