7 Tips untuk Menghilangkan Rasa Ngantuk di Pagi Hari Agar Tetap Produktif

7 Tips untuk Menghilangkan Rasa Ngantuk di Pagi Hari Agar Tetap Produktif

Penyebab rasa ngantuk di pagi hari meski tidur sudah cukup lantaran kualitas tidur yang tidak baik--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mungkin banyak dari kalian yang merasa ngantuk di pagi hari meski sudah tidur dengan waktu yang cukup.

Kebanyakan dari mereka mengatasinya dengan minum kopi, paadahal kafeinnya bisa membuat gelisah, cemas, dan bahkan mengganggu masalah pencernaan.

Perlu diketahui bahwa masalah yang menyebabkan seseorang masih merasa ngantuk di pagi hari adalah karena kualitas tidurnya yang tidak baik. Semakin buruk kualitas tidur membuat seseorang semakin sulit untuk bangun di pagi hari. 

BACA JUGA:

Ada beberapa orang yang ampuh mengatasi ngantuk di pagi hari dengan secangkir kopi, namun ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan selain daripada kopi.

Berikut ini cara mengatasi rasa ngantuk di pagi hari, meskipun sudah cukup tidur:

1. Terapkan 90-minute Sleep Cycle

Melansir dari Jurnal Healthy Sleep Harvard menjelaskan teori tidur 90 menit di antara penundaan akan menjadi siklus tidur yang sangat baik.

Hal ini bisa kamu praktekan dengan mengatur 2 alarm.

Satu alarm untuk 90 menit sebelum kalian benar-benar ingin bangun. Dan alarm satu lagi di waktu sudah siap untuk bangun.

2. Dapatkan Sinar Matahari Pagi

Sinar matahari di Waktu pagi dipercaya dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh.

Hal ini bisa membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Saat kualitas tidur membaik, maka bangun tidur akan terasa lebih segar dan bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ngantuk di pagi hari

Usahakan untuk berjemur selama 5–15 menit setiap harinya. Berjemurlah sebelum pukul 10 pagi untuk mendapatkan manfaat sinar matahari secara optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: