6 Khasiat Luar Biasa Bawang Putih untuk Kesehatan saat Dikonsumsi Pagi Hari

6 Khasiat Luar Biasa Bawang Putih untuk Kesehatan saat Dikonsumsi Pagi Hari

Mengkonsumsi bawang putih di pagi hari bisa berpengaruh pada kesehata tubuh, mulai dari mengatur kolesterol hingga menjaga melegakan saluran pernapasan--Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tidak hanya berfungsi sebagai penambah rasa pada makanan, namun ternyata bawang putih juga memiliki khasiat untuk kesehatan jika dikonsumsi secara benar.

Bawang putih bukan hanya sebagai bahan masakan yang populer, tetapi juga memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan. 

Dengan kandungan allicin dan berbagai senyawa aktif lainnya, bawang putih telah lama digunakan sebagai obat alami dalam berbagai tradisi pengobatan.

Penasaran dengan apa saja khasiat bawang putih jika dikonsumsi pagi hari? Yuk kita simak bersama.

BACA JUGA:Bermanfaat Bagi Perokok, Ini Penjelasan Khasiat Bawang Putih Mentah

BACA JUGA:7 Manfaat Bawang Putih Tunggal Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Diabetes Lho!

Bawang putih mengandung beberapa nutrisi penting dan rendah kalori. Perlu diketahui bahwa satu siung bawang ini mengandung mangan, Vitamin C, selenium, dan sejumlah kecil serat, kalsium, tembaga, fosfor, zat besi, Vitamin B1, Vitamin B6, dan kalium.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat pada bawang putih maka tidak heran jika bawang putih memiliki manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini khasiat bawang putih yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan jika dikonsumsi pada pagi hari:

1. Mengatur Kolesterol

Kolesterol menjadi salah satu kebutuhan dalam tubuh. Namun, saat jumlah kolesterol terlalu tinggi, kondisi ini dapat memicu gangguan kesehatan. Untuk membantu mengontrol kadar kolesterol, kamu bisa mengonsumsi bawang ini. Manfaat bawang putih mampu mengontrol kolesterol dengan menurunkan kadar sebesar 10-15 persen.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Bawang putih bisa membantu mencegah penyakit kanker. Kandungannya bagi tubuh dapat menurunkan risiko kanker, salah satunya kanker usus besar.

Melansir dari American Journal of Epidemiology, kelompok yang kerap mengonsumsi bawang ini yang mentah bersama dengan sayuran dan buah-buahan secara rutin, mampu menurunkan risiko kanker usus besar sebesar 35 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: