7 Manfaat Bawang Putih Tunggal Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Diabetes Lho!

7 Manfaat Bawang Putih Tunggal Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Diabetes Lho!

Manfaat Bawang Putih Tunggal bagi Kesehatan--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Bawang putih memang dikenal sebagai salah satu bahan dapur yang sering digunakan dalam masakan. Namun, tidak banyak orang yang menyadari bahwa bawang putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu yang dikenal banyak manfaatnya bagi kesehatan adalah bawang putih tunggal.

Bawang putih tunggal merupakan jenis bawang putih (Allium sativum) yang mengalami pertumbuhan tidak normal karena faktor lingkungan penanaman yang tidak sesuai.

Dari tampilannya umbi bawang putih yang seharusnya terdiri dari beberapa siung tidak tumbuh dengan sempurna dan justru hanya terdiri dari 1 umbi.

Namun, manfaat bawang putih tunggal tetap tidak boleh diremehkan. Pasalnya, jenis bawang putih ini memiliki kandungan senyawa aktif dengan kadar yang lebih tinggi daripada bawang putih pada umumnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat bawang putih tunggal bagi kesehatan.

BACA JUGA:

1.  Mencegah Infeksi Bakteri

Bawang putih tunggal telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk mencegah dan mengatasi infeksi bakteri di dalam tubuh.

Khasiat ini tidak lepas dari kandungan acillin yang memiliki sifat antibakteri sehingga mampu melawan berbagai bakteri penyebab infeksi, misalnya bakteri Pseudomonas aeruginosa dan Escherichia coli.

2.  Meningkatkan kesuburan pria

Penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan menunjukkan bahwa bawang putih tunggal dapat meningkatkan kualitas sperma.

Berkat penelitian inilah bawang putih tunggal juga dipercaya bisa meningkatkan kualitas sperma pada manusia. Dengan begitu, tingkat kesuburan pria pun akan bertambah.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat bawang putih tunggal yang satu ini. Oleh karena itu, bawang putih tunggal disarankan untuk dikonsumsi bersama dengan makanan untuk meningkatkan kesuburan pria lainnya.

3.  Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat bawang putih tunggal dalam menurunkan tekanan darah tinggi juga tidak terlepas dari kandungan allicin yang dimilikinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: