7 Manfaat Air Rebusan Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan, Ampuh Jadi Obat Diabetes

7 Manfaat Air Rebusan Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan, Ampuh Jadi Obat Diabetes

Rebusan belimbing wuluh bagus untuk kesehatan, bisa jadi obat diabetes--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Belimbing wuluh ternyata kaya akan antioksidan yang bermanfaat banyak bagi kesehatan. Hampir semua bagian dari tanamannya dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Biasanya, orang Indonesia suka menggunakan buah ini dalam campuran sambal, sup, hingga kari. Belimbing wuluh juga sering digunakan dalam pengobatan alami harian.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Nutrients menyatakan bahwa kandungan flavonoid dalam buah belimbing wuluh memiliki manfaat untuk mengontrol kadar gula darah dan juga diabetes.

BACA JUGA:Stop! Ini Dampak Buruk Minum Teh Setelah Makan: Risiko Bahaya untuk Lambung

BACA JUGA:Rekomendasi Jus Untuk Perontok Lemak dan Penurun Kolesterol yang Efektif dan Ampuh!

Belimbing wuluh adalah salah satu jenis belimbing kerap digunakan sebagai bumbu masakan. Buah ini jika dikonsumsi secara langsung memiliki rasa yang sangat asam.

Namun jika digunakan untuk memasak sayur, akan memberi rasa segar yang membuat masakan menjadi lebih sedap.

Selain untuk bahan masakan, belimbing wuluh ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan loh. Tak hanya itu, daun belimbing wuluh jika direbus juga kaya akan khasiat.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi air rebusan belimbing wuluh:

1. Mengobati diabetes

Daun belimbing wuluh juga memiliki manfaat yang baik untuk mengobati diabetes.

Meskipun mungkin tidak akan sembuh secara total, tetapi paling tidak dengan mengonsumsi daun belimbing wuluh secara rutin, resistensi insulin yang dialami oleh penderita diabetes bisa berkurang, dan gejala-gejala dari diabetes pun akan berkurang.

Manfaat tersebut dapat dirasakan karena ekstrak etanol daun belimbing wuluh dapat menurunkan kadar glukosa darah setelah 14 hari digunakan. Agar diabetes dapat diobati, ambil enam belimbing wuluh, dilumat, lalu masukkan segelas air dan rebus dua bahan ini secara bersamaan.

2. Radang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: