Generasi Muda Berperan Penting Dalam Pelestarian Budaya Indonesia, Ini 2 Cara Ampuhnya

Generasi Muda Berperan Penting Dalam Pelestarian Budaya Indonesia, Ini 2 Cara Ampuhnya

generasi muda sebagai pelestari budaya indonesia--

1. Masuknya kebudayaan asing

Contohnya seperti cara berpakaian generasi muda yang mulai mengikuti trend kebudayaan luar, memakai baju yang lebih terbuka dan berbagai fashion barat lain nya. Hal ini sebenarnya sangat jauh berbeda dengan budaya kita.

 

2. Kurangnya kesadaran dari masyarakat

Semakin berkembangnya zaman masyarakat modern dan juga generasi muda mulai kehilangan jati diri dari kebudayaan negara nya sendiri, banyak generasi sekarang yang mulai menormalisasikan kebudayaan barat yang sangat  berbeda dengan budaya kita. Pada kenyataan nya generasi sekarang sangat senang menerima kebudayaan dari luar tanpa bisa memilih kebudayan yang baik atau yang buruk. Sehingga dapat menyebabkan budaya tradisional kita mulai tersingkirkan oleh kebudayaan asing.

 

3. Kemajuan IPTEK

Kemajuan dalam bidang Ilmu pengetahuan serta teknologi adalah salah satu yang menjadi faktor pendorong mulai hilang nya kebudayaan tradisional pada generasi muda. Contohnya dapat menimbulkan kesenjangan sosial, memunculkan sifat individualisme, dan rentan terhadap kriminalitas dan konflik.

Ada dua cara yang dapat dilakukan masyarakat khususnya sebagai generasi muda dalam  mendukung  kelestarian  budaya  dan  ikut  menjaga  budaya  asli Indonesia:

  • Culture Experience

Culture  Experience merupakan pelestarian  budaya  yang dilakukan dengan cara terjun langsung kedalam sebuah pengalaman kultural. Contohnya, jika kebudayaan tersebut berbentuk tarian, maka masyarakat dianjurkan untuk belajar dan berlatih dalam menguasai tarian tersebut, dan dapat dipentaskan setiap tahun dalam acara-acara tertentu  atau diadakannya festival-festival. Dengan demikian kebudayaan lokal selalu dapat dijaga kelestariannya. 

  • Culture Knowledge

Culture Knowledge merupakan pelestarian budaya yang dilakukan dengan cara membuat suatu pusat informasi mengenai kebudayaan yang dapat difungsionalisasi ke dalam banyak bentuk. Tujuannya adalah untuk edukasi ataupun untuk kepentingan pengembangan kebudayaan itu sendiri dan potensi kepariwisataan daerah. Dengan demikian para generasi muda dapat memperkaya pengetahuannya tentang kebudayaanya sendiri. Selain dilestarikan dalam dua bentuk  diatas, kebudayaan  lokal juga  dapat  dilestarikan  dengan  cara  mengenal  budaya  itu  sendiri.  

 

Dengan  demikian, setidaknya  dapat  diantisipasi  pembajakan kebudayaan  yang  dilakukan  oleh  negara-negara  lain. Persoalan  yang  sering  terjadi  dalam  generasi muda adalah  terkadang  tidak merasa bangga terhadap produk atau kebudayaannya sendiri. Mereka lebih bangga terhadap budaya-budaya impor yang sebenarnya tidak sesuai dengan kepribadian bangsa sebagai orang Timur. Budaya lokal mulai hilang dikikis  zaman, oleh sebab masyarakat khususnya generasi muda yang kurang memiliki  kesadaran  untuk melestarikannya. Oleh  karaena  itu  peran  pemerintah  dalam melestarikan  budaya  bangsa  juga  sangatlah  penting.  Bagaimanapun  juga  pemerintah memiliki  peran  yang  sangat  besar  dalam  upaya  pelestarian kebudayaan lokal di tanah air.

 

Semoga bermanfaat 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: