7 Buah Penurun Kolesterol dengan Cepat, Cocok Jadi Pendamping Hidangan Lebaran

7 Buah Penurun Kolesterol dengan Cepat, Cocok Jadi Pendamping Hidangan Lebaran

Beberapa jenis buah yang mengandung banyak serat untuk menurunkan kolesterol dengan cepat, cocok jadi teman pendamping menu lebaran--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Lebaran menjadi kesempatan baik untuk kegiatan silahturahmi dan cicip mencicipi aneka ragam hidangan. 

Tidak perlu diragukan lagi bahwa hidangan menu khas lebaran sungguh sangat nikmat sehingga sulit untuk menahan diri untuk menyantap dalam jumlah yang banyak.

Meskipun penderita kolesterol merasa perlu membatasi dirinya untuk menyantap hidangan lebaran yang kebanyakan mengandung lemak, santan, daging, dan karbohidrat yang tinggi.

 BACA JUGA:Manfaat Nanas Madu, Buah Jajanan Jalanan dengan Segudang Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Bumil Wajib Tahu! Inilah Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan yang Kaya Antioksidan

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung hal tersebut bisa menyebabkan kolesterol meningkat, akan tetapi tidak perlu khawatir lagi.

Ada cara sehat yang bisa dilakukan untuk bisa menurunkan kolesterol usai menyatap hidangan lebaran yakni dengan mengkonsumsi buah-buahan.

Akan tetapi tidak semua buah bisa bermanfaat untuk mencegah kolesterol naik. Buah yang mengandung banyak serat dan atioksidan sangat bagus untuk menurunkan kolesterol.

Berikut ini beberapa buah yang bisa menurunkan kolesterol dan bagus untuk menjaga kesehatan jantung:

1. Alpukat

Buah alpukat diketahui memiliki senyawa yang baik sehingga dapat mengatur kadar kolesterol tinggi (HDL) dalam tubuh. Tidak hanya itu, kandungan lemak tak jenuh dalam buah alpukat sangat bermanfaat dan bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Pisang

Buah pisang mengandung serat, vitamin, mineral, dan gula alami yang disebut sangat baik untuk dikonsumsi untuk mencegah kolesterol naik dan tekanan darah.

3. Berries

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: