Jangan Sampai Salah, Kenali Perbedaan Flu Singapura dan Cacar Air

Jangan Sampai Salah, Kenali Perbedaan Flu Singapura dan Cacar Air

Perbedaan flu singapura dan cacar air-Foto: Instagram.com/@natunabekawan-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Flu Singapura dan Cacar Air merupakan penyakit yang cepat menular dan bisa menimbulkan komplikasi, penyakit ini juga dapat sembuh dengan sendirinya. Kedua kondisi ini meski memiliki gejala yang hampir serupa, namun keduanya berasal dari virus yang berbeda. 

Melansir dari Centers fo Disease Control dan Prevention (CDC), flu Singapura biasanya menyerang bayi dan anak di bawah usia 5 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan juga bagi orang dewasa, tapi bisa terbilang jarang.

Gejala flu Singapura biasanya seperti demam tinggi, batuk, pilek, dan sakit tenggorokan, hingga timbul luka lepuh dan ruam yang bisa menyakitkan di mulut. 

Tapi jangan khawatir, menurut CDC, hampir semua orang yang mengalami kondisi ini bisa sembuh dalam 7 hingga 10 hari. Sementara pada cacar, gejalanya hampir mirip, namun biasanya batuk yang timbul hanya merupakan penyakit penyerta.

BACA JUGA:

Diketahui, cacar air dan flu singapura ini lebih sering menyerang  anak-anak. Meski demikian, tak menutup kemungkinan kalau orang dewasa juga dapat terkena penyakit ini. Lantas, apa beda cacar air dan flu singapura? Berikut ini penjelasannya.

Berasal Dari Virus yang Berbeda

Cacar air dan flu Singapura merupakan jenis penyakit yang terjadi akibat infeksi virus. Meski begitu, jenis virus yang menyebabkannya berbeda.

Cacar air dapat terjadi ketika seseorang terinfeksi virus Varicella-zoster, sedangkan flu Singapura disebabkan oleh infeksi Coxsackievirus A16. Namun, cara penyebaran kedua virus ini sama, yaitu melalui udara ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, kontak dengan orang yang terinfeksi, atau kontak dengan permukaan dan benda yang telah terkontaminasi virus.

 

Berdasarkan Gejalanya

Gejala awal kedua penyakit ini bisa dikatakan mirip, yaitu demam, sakit tenggorokan, sakit perut, muntah, dan diare. Namun, perbedaannya dapat terlihat dari munculnya ruam.

Ruam dan lepuhan di kulit karena cacar air biasanya berawal dari dada, punngung, dan wajah, lalu kemudian menyebar keseluruh tubuh. Sementara itu, ruam akibat flu singapura kerap disertai lepuhan yang muncul di telapak tangan, telapak kaki, mulut, dan bokong, serta sariawan di mulut atau bintik merah disekitar bibir.

Cara Penyembuhan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: