Satukan 2 Warisan Budaya, Piaggio Hadirkan Vespa Batik di Museum Batik Indonesia

Satukan 2 Warisan Budaya, Piaggio Hadirkan Vespa Batik di Museum Batik Indonesia

PT Piaggio Indonesia hadirkan Vespa Batik di Museum Batik Indonesia--Vespa.co.id

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - PT Vespa Piaggio Indonesia hadirkan Vespa Batik di Museum Indonesia sebagai bentuk apresiasi dengan penuh arti atas kesatuan dua ikon serta warisan budaya yakni Vespa dengan Batik Indonesia.

PT Piaggio Indonesia memahami bahwa Batik merupakan warisan budaya yang sudah diakui oleh dunia dan menjadi salah satu bagian penting dari Indonesia.

Acara seremonial untuk kehadiran Vespa Batik di Museum Batik Indonesia dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti: Pustanto, Ketua Tim Museum dan Galeri, Museum dan Cagar Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia; Maria Battaglia, Direktur Institut Kebudayaan Italia; Widiyana Sudirman, CEO Iwan Tirta Private Collection;

BACA JUGA:Wanita Punya Seleranya Sendiri! Rekomendasi Vespa Matic Terbaru 2024 untuk Cewek, Tampil Beda Saat Lebaran

BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan Vespa Matic Minim Kasus Pencurian, Fitur Keamanannya Bikin Maling Auto Mikir

Peluncuran Vespa Batik ini juga sebagai tanda peresmian pabrik pertama Piaggio Group di Indonesia dan sebagai model pertama yang diproduksi dari fasilitas pabrik tersebut sebagai momen merayakan budaya ikonis yang menjadi kebanggan Indonesia.

"Kehadiran Vespa Batik di Museum Batik Indonesia menegaskan kembali dedikasi kami dalam mengapresiasi arti penting Batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia,” ujar Managing Director and Country CEO PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega.

“Kami bangga dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan bagi Vespa Batik untuk tampil di Museum Batik Indonesia karena kami percaya inisiatif ini akan menjaga perbincangan yang berkelanjutan tentang Batik dari generasi ke generasi,” tambahnya.

Ada hal menarik lain dari peluncuran Vespa Batik pertama ini, yakni nampak sebuah kode seri 1002. Dimana kode tersebut menjadi sebuah hari yang selalu dirayakan oleh masyarakat Indonesia untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 02 Oktober setiap tahunnya.

Kehadiran Vespa Batik di Museum Batik Indonesia juga menjadi daya tarik kontemporer yang memperkaya cerita batik di era modern.

Grafis batik yang ditampilkan pada Vespa menggunakan pola Batik Tradisional 'Tambal Jagad', sebagai motif tampilan utama yang disematkan pada badan kendaraan Vespa. Tidak hanya itu, motif batik Tambal Jagad ini juga disematkan pada sebagai motif helm serta topbox yang secara khsusu turut dihadirkan.

Pola utama menggambarkan kolase dari 7 motif batik di Indonesia, yakni Perisai (Kalimantan), Megamendung (Jawa Barat), Ayam Kasuari (Papua), Sokowani (Sumatera), Tenun Ikat Menjangan (Nusa Tenggara), Kawung (Jawa Tengah), dan Poleng (Bali).

BACA JUGA:Ingat! Duplikat Kunci Vespa Matic Tidak Bisa Sembarangan, Ini Alasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: