Ingat! Duplikat Kunci Vespa Matic Tidak Bisa Sembarangan, Ini Alasannya

Ingat! Duplikat Kunci Vespa Matic Tidak Bisa Sembarangan, Ini Alasannya

Service rutin Vespa Matic di bengkel-Tangkapan Layar-Foto:Instagram-Vespa Selatan

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Bisakah Kunci motor Vespa Matic diduplikat? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel ini.

Vespa matic memberikan dua buah kunci untuk setiap, dimana kedua tersebut memiliki peran yang berbeda tetapi sama-sama bisa menyalakan motor. Adapun dua kunci yang berbeda warna tersebut yakni warna biru dan warna coklat. 

Dijelaskan bahwa kunci coklat merupakan kunci utama, sedangkan kunci biru sebagai kunci harian. Dari kedua fungsi kunci tersebut diketahui bahwa untuk pemilik cukup menggunakan kunci yang berwarna biru untuk aktivitas hariannya dan menyimpan kunci coklat yang menjadi master kunci.

Lantas apa bedanya? Dan kenapa kunci coklat tidak boleh dipakai harian? Bolehkah diduplikat ketika hilang? Ini penjelasannya:

BACA JUGA:Begini Cara Merawat Vespa Klasik Agar Awet dan Sunmori Nyaman

BACA JUGA:Daftar Motor Listrik Harga Jual Rp 5-7 Juta Terbaru 2024, Ada Mirip Vespa Primavera

BACA JUGA:Edisi Imlek 2024, Piaggio Hadirkan Vespa 946 Dragon dengan Jaket Varsity Eksklusif

 

Sebenarnya ada tujuan tertentu yang dimaksudkan Vespa, yakni soal kenyamanan dalam keamanan. Maka dari itu Vespa membagikan dua kunci dengan warna yang berbeda.

Salah satu digunakan untuk kegunaan sehari-hari, yakni kunci biru yang sebenarnya adalah kunci duplikat dari kunci coklat.

Dan apabila kunci master atau kunci coklat Vespa hilang, pemilik kendaraan tidak bisa sembarangan melakukan duplikat kunci. Hal ini dikarenakan dalam kunci terdapat chip yang terdapat pada kunci duplikat Vespa.

Dalam setiap kunci juga memiliki sistem Immobilizer yang bisa mengaktifkan ECU untuk menyalakan mesin. Tetapi jika kunci duplikat yang tidak resmi, ECU akan mengunci semua akses untuk menghidupkan mesin motor.

 

Pasalnya, ECU hanya bisa bekerja dan mengizinkan akses menyalakan motor karena chip yang sudah sesuai dan terformat. Sehingga duplikasi yang tidak normal atau tidak sesuai dengan format tidak akan berfungsi untuk mengaktifkan ECU.

Maka dari itu, kunci coklat sudah dikunci oleh sistem, sehingga kunci coklat tidak bisa di duplikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: