5 Resep Herbal dr. Zaidul Akbar untuk Memperkuat Sistem Pencernaan dan Meningkatkan Imunitas Tubuh

5 Resep Herbal dr. Zaidul Akbar untuk Memperkuat Sistem Pencernaan dan Meningkatkan Imunitas Tubuh

Resep Herbal dr. Zaidul Akbar untuk Memperkuat Sistem Pencernaan dan Meningkatkan Imunitas Tubuh--Foto : tangkapan layar YouTube

JAKARTA, RADARPENA.DISWAY.ID - Selama bulan Ramadan, umat Islam yang menjalankan puasa mengubah jadwal makan mereka. Untuk menjaga kesehatan pencernaan selama berpuasa, ada baiknya kita mencoba beberapa resep minuman ala Zaidul Akbar.

Puasa merupakan ibadah penting dalam Islam yang dilakukan selama bulan Ramadan, yang juga memiliki manfaat kesehatan. Namun, jika pola makan tidak diatur dengan baik, dapat menyebabkan masalah pencernaan dan ketidaknyamanan.

Banyak dari kita sering mengalami gangguan pencernaan seperti sakit maag, asam lambung, atau sembelit selama bulan Ramadan. Hal ini sering terjadi karena kita makan secara berlebihan dan tiba-tiba saat berbuka puasa.

Oleh karena itu, penting untuk mengendalikan jumlah makanan yang dikonsumsi saat berbuka agar tubuh bisa beradaptasi secara perlahan setelah berpuasa sepanjang hari. Mengonsumsi makanan ringan dan minuman yang sehat juga dapat membantu menjaga keseimbangan pencernaan selama bulan Ramadan.

BACA JUGA:

Berikut adalah beberapa resep ramuan herbal untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, yang diambil dari buku Resep Sehat JSR 200 Resep Menyehatkan karya dr. Zaidul Akbar:

1. Resep Ramuan Jahe:

Ramuan ini bermanfaat untuk memperkuat lambung, menyediakan prebiotik, mineral, dan enzim, serta memiliki efek anti-inflamasi, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu penurunan berat badan, meningkatkan sirkulasi darah, dan menjaga kesehatan pencernaan.

Bahan:

  • 2 ruas jempol jahe orang dewasa
  • 3/5/7 buah kurma yang bijinya sudah dipisahkan
  • Madu secukupnya
  • Garan nonrafinasi secukupnya
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Ekstrak air jahe dengan menggunakan blender.
  2. Saring ramuan ini dan konsumsi dua kali sehari.

BACA JUGA:

2. Resep Ramuan Serai:

Ramuan ini tidak hanya membantu masalah asam lambung, tetapi juga membersihkan lendir di area lambung atau saluran pencernaan, serta mengatasi diare yang berlendir.

Bahan:

  • 1 batang serai, digeprek
  • 2 lembar daun jeruk
  • 300 ml air panas
  • 1 sendok makan madu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: