Demi Keselamatan Selama Perjalanan, Ketahui 6 Hal Penting Mudik Aman Naik Motor

Demi Keselamatan Selama Perjalanan, Ketahui 6 Hal Penting Mudik Aman Naik Motor

Ilustrasi: Ketahui beberapa hal penting sebelum mengambil keputusan mudik lebaran ke kampung halaman naik motor--Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mudik menjadi momen yang sangat dinanti setiap bulan Ramadhan, kesempatan untuk bisa berkumpul dengan orang-orang terkasih di kampung halaman.

Untuk mereka yang berencana untuk mudik, kini sudah banyak alternatif angkutan umum yang bisa digunakan. Bahkan pemerintah sendiri sudah menyediakan beberapa fasilitas mudik dan balik gratis.

Akan tetapi, beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk menempuh perjalanan mudik.

BACA JUGA:Masih Dibuka, Syarat dan Link Pendaftaran MOTIS 2024, Buruan Daftar!

BACA JUGA:Tak Perlu Khawatir Lagi, Polri Siap Amankan Rumah Warga yang Ditinggal Mudik Lebaran

Banyak pemudik yang memilih menggunakan mobil pribadi, namun tidak sedikit juga yang menggunakan motor pribadi.

Meskipun sudah dilarang dan dianjurkan untuk mengikuti program mudik gratis, beberapa kalangan masyarakat masih nyaman untuk mudik dengan motor.

Dengan menempuh jarak perjalanan yang cukup jauh, tentu sangat berisiko dengan menggunakan sepeda motor.

Belum lagi kelelahan sewaktu diperjalanan menjadi resiko tertiggi terjadinya kecelakaan. Untuk itu bagi pemudik yang ingin melakukan perjalan mudik dengan motor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Jangan dianggap sepele karena hal tersebut bisa membahayakan diri dan penumpang.

Berikut ini hal penting yang harus diperhatikan saat mudik lebaran naik motor agar bisa sampai tempat tujuan dengan selamat dan merasa nyaman dalam perjalan, apa saja?

1. Pastikan motor dalam kondisi prima

Dalam mempersiapkan kendaraan untuk mudik lebaran ke kampung halaman, perlu dipastikan motor dalam kondisi layak dan prima. Hal ini dikarenakan untuk menghindari kendala ringan hingga kendala berat selama dalam perjalanan. Sebelum berangkat mudik, pastikan bagian sentral motor layak untuk menempuh perjalanan jauh. Seperti mesin kendaraan, kelistrikan, oli mesin dan oli rem, sistem pengereman. Atau jika merasa ada yang janggal bisa dikonsultasikan dengan pihak mekanik, untuk mendapatkan solusinya.

2. Fisik dan Mental

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: