Demi Keselamatan Selama Perjalanan, Ketahui 6 Hal Penting Mudik Aman Naik Motor

Demi Keselamatan Selama Perjalanan, Ketahui 6 Hal Penting Mudik Aman Naik Motor

Ilustrasi: Ketahui beberapa hal penting sebelum mengambil keputusan mudik lebaran ke kampung halaman naik motor--Pinterest

Bukan hanya motor yang perlu disiapkan dalam kondisi prima, tetapi pengemudi dan penumpang (jika ada) harus dalam kondisi yang baik dan sehat. Tentu ini menjadi hal yang penting, sebab berkemudi dalam kondisi yang tidak fit bisa membahayakan diri sendiri bahkan juga orang lain. Tentu kita semua ingin sampai tempat tujuan dengan selat di kampung halaman. Sebelum berangkat, pastikan kita tidak kelelahan dalam beraktivitas, berisitirahat yang cukup, rajin konsumsi buah dan vitamin, dan biasakan untuk berolahraga.

Jika kondisi fisik dalam sehat tentu bisa membuat mental menjadi siap. Mental siap berdampak pada konsentrasi dalam berkendara. Sebab akan ada banyak kendala dan tantangan selama dalam perjalan mudik, seperti kondisi jalan yang tidak bisa ditebak, macet, cuaca, dan lain-lainnya.

BACA JUGA:Link MOTIS Mudik Gratis Lebaran 2024 Kemenhub Dibuka, Begini Cara Daftar dan Pesyaratannya

BACA JUGA:Simak Jenis Kendaraan yang Dilarang Ikut Program Mudik Motis 2024 dengan Kereta Api

3. Tentukan Waktu Keberangkatan

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah waktu keberangkatan. Sebab perlu diperhitungkan berapa lama waktu perjalanan hingga sampai tempat tujuan untuk mudik. Tentukan waktu yang tepat dan optimal untuk disesuaikan dengan waktu keberangkatan dan waktu sampai di kampung halaman. Hal ini perlu dipastikan agar waktu Anda tidak terbuang lama selama perjalanan dan bisa tiba tepat waktu di tempat tujuan sesuai dengan rencana. Penentuan waktu juga berpengaruh terhadap kondisi perjalanan, kapan jam sepi dan ramai diperjalanan. Hal ini bisa menghindari kendala atau masalah selama dalam perjalanan mudik.

4. Rute Mudik

Pilihlan rute mudik yang terbaik, yang mungkin kalian akan kenal sehingga perjalanan menuju kampung halaman menjadi aman dan lancar. Anda juga bisa mencari tahu dan mengumpulkan banyak informasi yang bisa didapatkan terkait rute yang akan dilalui. Seperti tempat istirahat, pom bensin, tempat makan, atau hal lainnya. Persiapan rute jalan yang sudah ditentukan bisa membuat hati menjadi lebih tenang selama perjalanan.

5. Ikuti Aturan Rambu Lalu Lintas

Selama dalam perjalan penting bagi kita mematuhi peraturan rambu lalu lintas. Melanggar bisa membahayakan diri dan orang lain. Tujuan kita adalah sampai tempat tujuan dengan selamat tanpa cedera, agar bisa berkumpul dengan orang-orang terkasih untuk merayakan Idul Fitri bersama. Tidak hanya itu, ikuti sejumlah aturan yang telah dibuat petugas, hal tersebut bertujuan untuk memberikan kenyamana dan keamanan bagi semua pengendara yang ingin mudik.  Perhatikan juga perlengkapan keselamatan dalam berkendara

6. Barang Bawaan

Salah satu hal yang menjadi perhatian adalah barang bawaan yang tidak boleh dipaksakan. Ketahui bahwa Anda menaiki motor memiliki batas beban yang bisa dibawa, apabila membawa barang bawaan yang melebihi kapasaitas dan kemampuan Anda dalam berkendara, ini bisa membahayakan Anda selama perjalanan. Jadi disarankan untuk membawa barang bawaan yang secukupnya, agar dalam perjalan tidak terganggu dan tidak membahayakan pengendara lain.

 

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan apabila ingin mudik dengan menggunakan motor. Jangan memaksakan diri apabila sudah terasa lelah. Istirahat sejenak jika terasa lelah, dan tidur juga sudah merasa ngantuk. Hindari juga beberapa hal yang bisa mengganggu kita dalam perjalanan agar bisa sampai tempat tujuan yakni kampung halaman dengan selamat dan penuh bahagia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: