Wajib Tahu Moms! Inilah Beragam Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Ibu Hamil

Wajib Tahu Moms! Inilah Beragam Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Ibu Hamil

Ilustrasi buah apel-Foto: Unsplash.com/ShelleyPauls-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ada banyak manfaat buah apel untuk ibu hamil, seperti menghindari sembelit hingga menjaga kesehatan jantung. Walaupun demikian, ibu hamil tetap harus memperhatikan porsi ketika mengkonsumsi buah berwarna merah yang satu ini.

Perlu diketahui bahwa selama kehamilan, kondisi sang buah hati di dalam kandungan sangat bergantung pada ibu yang memberikan nutrisi untuknya.

Itulah mengapa sudah saatnya sang ibu untuk memastikan bahwa Mama mengonsumsi makanan yang bernutrisi untuk kesehatan janin dan juga diri sendiri.

Sangat penting bagi ibu hamil untuk makan makanan yang seimbang, seperti buah-buahan termasuk buah apel. Manfaat buah apel untuk ibu hamil bisa diperoleh karena berbagai nutrisi penting yang terkandung di dalamnya, antara lain serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, folat, magnesium, mangan, tembaga, kalium, dan kalsium.

BACA JUGA:

Kandungan nutrisi di dalam buah apel memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil. Berikut, beberapa manfaat buah apel untuk ibu hamil:

Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Satu buah apel mengandung banyak nutrisi yang baik bagi ibu hamil maupun janinnya. Apel mengandung vitamin A, vitamin C, serat hingga potasium. Melansir dari Babycenter, kandungan vitamin A dalam apel ternyata bermanfaat sebagai nutrisi yang menunjang perkembangan tubuh bayi baik sejak dalam bentuk embrio hingga pembentukan organ tubuhnya seperti jantung, paru-paru, tulang, saraf, dan sistem peredaran darah. 

 

Membantu Membangun Sistem Kekebalan Tubuh

“an apple a day keeps the doctor away” atau "satu apel sehari dapat menghindarkan dari penyakit" memang fakta yang dapat dibuktikan kebenarannya. Apel mengandung vitamin C yang merupakan vitamin penting untuk membangun sistem kekebalan tubuh. Selama kehamilan, apel dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat untuk Ibu dan janin yang sedang tumbuh dan berkembang.

 

Mencegah atau Mengatasi Kram Kaki

Perubahan hormon, kenaikan berat badan, dan kurangnya asupan mineral dapat membuat ibu hamil rentan mengalami kram kaki. Nah, konsumsi apel bisa membantu mencegah dan mengatasi keluhan tersebut, karena buah ini mengandung berbagai mineral penting, seperti kalium, kalsium, dan magnesium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: