10 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin C: Mudah Lelah hingga Kerap Nyeri Sendi

10 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin C: Mudah Lelah hingga Kerap Nyeri Sendi

ilustrasi buah-buahan mengandung vitamin c--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan berbagai gejala yang mempengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa tanda dan gejala yang dapat muncul jika tubuh Anda kekurangan vitamin C:

1. Gusi Mudah Berdarah

Vitamin C penting untuk kesehatan gusi. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi menjadi lemah dan mudah berdarah, serta mengakibatkan penyakit gusi seperti gingivitis.

BACA JUGA:Ingat! 6 Buah Ini Paling Aman Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes dan Kaya Manfaat

2. Luka yang Lambat Sembuh

Vitamin C diperlukan untuk pembentukan kolagen, yang esensial untuk penyembuhan luka. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan luka sulit sembuh atau memperpanjang proses penyembuhan.

3. Peningkatan Risiko Infeksi

Vitamin C memiliki peran penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh Anda, meningkatkan risiko infeksi, dan memperburuk gejala penyakit.

4. Kulit Kering dan Kusam

Kekurangan vitamin C dapat mengganggu produksi kolagen, yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Kulit Anda mungkin terlihat kering, kusam, dan kurang elastis.

BACA JUGA:Resep Mie Tek-tek Goreng ala Abang Penjual, Pedas Manisnya Pas dan Bikin Lahap Makan

5. Mudah Lelah

Vitamin C membantu tubuh Anda menyerap zat besi dari makanan, yang penting untuk produksi energi. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan anemia defisiensi zat besi, yang dapat membuat Anda merasa lelah dan lemah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: