Taukah Kamu, Ini Alasan Rasullulah Menyukai Buah Semangka yang Jadi Simbol Palestina

Taukah Kamu, Ini Alasan Rasullulah Menyukai Buah Semangka yang Jadi Simbol Palestina

Ilustrasi buah semangka.-Foto: Unsplash.com/RensD-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Semangka merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan manusia. Semangka juga masuk dalam golongan buah surga. Buah semangka mengandung betakaroten dan vitamin A. 

Bahkan kita cenderung membutuhkan vitamin ini untuk kesehatan kulit, penglihatan, dan gigi. Nutrisi pada semangka dapat mencegah gangguan penglihatan, masalah jantung, dan beberapa masalah kesehatan lainnya dalam jangka panjang.

Melansir dari Al Jazeera, semangka adalah simbol budaya dan identitas Palestina yang tumbuh di seluruh wilayah Palestina. Warna semangka yang mirip dengan bendera Palestina menjadikannya simbol perlawanan terhadap penindasan Israel. 

Semangka telah menjadi simbol perlawanan warga Palestina sejak Perang Enam Hari tahun 1967, ketika Israel menguasai Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Yerusalem Timur. 

BACA JUGA:

Warga Palestina menggunakan semangka sebagai simbol perlawanan mereka terhadap pendudukan Israel. Warna semangka yang mirip dengan bendera Palestina menjadi alasan pemilihan simbol ini.

"Sesungguhnya Nabi SAW sering makan semangka disertai ruthab (kurma muda),". (HR At-Tirmidzy Nomor 1843, dishahihkan oleh Al-Albany dalam Shahih At-Tirmidzy Nomor 1843). 

"Ya Ali, Rajinlah memakan buah semangka, karena airnya dari air surga, dan rasa manisnya adalah rasa manis surga. Setiap hamba yang memakan satu suap saja buah ini, Allah memasukkan ke dalam perutnya 70 macam obat dan mengeluarkan dari perutnya 70 macam penyakit. Untuk satu suap, Allah mencatat untuknya 10 kebajikan dan menghapus darinya 10 keburukan, dan mengangkatnya 10 derajat." 

Menjadi simbol bagi kemerdekaan Palestina, ternyata memakan semangka juga memiliki banyak keutamaan. Sebagaimana disebut dalam beberapa hadits Nabi, sebagai berikut:

عليكم بالبطيخ؛ فإنّ فيه عشر خصال: هو طعام، وشراب، وأشنان، وريحان، ويغسل المثانة، ويغسل البطن، ويكثر ماء الظهر، ويقطع البرودة، وينقي البشرة.

"Hendaklah kalian memakan semangka, karena di dalamnya ada sepuluh keutamaan; sebagai makanan, sebagai minuman, pembersih gigi, penghilang bau mulut, membersihkan kandung kemih, membersihkan isi perut, memperbanyak air mani, menghilangkan rasa dingin, dan membersihkan kulit."

Semangka Buah Surga

"تفكهوا بالبطيخ؛ فإنّها فاكهة الجنة، وفيها ألف بركة، وألف رحمة، وأكلها شفاء من كل داء".

"Hendaklah kalian memilih buah semangka, karena semangka merupakan buah surga, di dalamnya ada seribu keberkahan dan seribu rahmat, dan memakannya dapat mengobati semua penyakit”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: