Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Tahajud, Dilengkapi dengan Dzikir dan Doa Selesai Sholat

Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Tahajud, Dilengkapi dengan Dzikir dan Doa Selesai Sholat

Ilustrasi orang sholat.-Foto: Unsplash.com-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Shalat Tahajud dapat dilakukan setelah bangun tidur di malam hari. Tidak ada batas maksimal jumlah rakaatnya. Hendaknya setiap malam tidak dikosongkan dari shalat Tahajjud, meskipun dua rakaat. 

Adapun bacaan surat setelah al-Fatihah dapat memilih surat mana saja dalam Al-Qur’an. Baik surat pendek maupun surat panjang. Sholat tahajud merupakan sholat sunah yang dilakukan di malam hari, yaitu dimulai dari selesai waktu pelaksanaan sholat isya hingga menjelang waktu subuh. 

Sholat Tahajud atau Salat Tahajud (Arab: صلاة التهجد, translit. ṣalātu-at-tahajjud) adalah salat sunah muakad yang didirikan pada malam hari atau malam menjelang pagi/ sepertiga malam (dini hari) setelah terjaga dari tidur.

BACA JUGA:

Ibadah salat tahajud biasanya dilakukan pada waktu malam hari dan menjadi salat yang istimewa karena memiliki berbagai keutamaannya. Melansir dari Nu Online, salat tahajud juga disebutkan dalam Al-Qur'an surat Al-Isra ayat 79 berikut:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Artinya: “Pada sebagian malam, hendaklah kau bertahajud sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat terpuji” (Surat Al Isra ayat 79).

Melaksanakan salat tahajud sangat dianjurkan karena amalannya bisa membuat seseorang dipermudah masuk ke dalam surganya Allah SWT. Seperti dalam hadits riwayat Ibnu Majah Rasulullah SAW bersabda:

“Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambung tali persaudaraan dan solatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat” (HR Ibnu Majah).

Bacaan niat sholat tahajud juga harus diucapkan dengan baik dan benar. Dengan demikian, sholat tahajud yang dikerjakan menjadi sempurna dan diterima oleh Allah SWT. Niatnya sebagai berikut:

Niat Sholat Tahajud

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى 

Ushalli sunnatat tahajjudi rak‘ataini lillāhi ta‘ālā. 

Artinya: "Aku menyengaja sembahyang sunah tahajud dua rakaat karena Allah SWT," (Lihat: Perukunan Melayu, ikhtisar dari karya Syekh M Arsyad Banjar, [Jakarta, Al-Aidarus: tanpa tahun], halaman: 40).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: