Keutamaan Menunaikan Sholat Qobliyah Subuh Bagi Umat Muslim: Dijauhkan dari Api Neraka!

Keutamaan Menunaikan Sholat Qobliyah Subuh Bagi Umat Muslim: Dijauhkan dari Api Neraka!

Ilustrasi umat Islam sedang shalat Dhuha-Foto: Unsplash.com/MasjidPogungDalangan-

Keutamaan pertama dari qobliyah subuh adalah kebaikan dari sholat sunnah ini lebih baik dari dunia dan isinya. Keutamaan ini sesuai dengan Sehadist dari Muslim dan Tirmidzi, berikut artinya.

“Aisyah RA meriwayatkan dari Rasul SAW, Beliau bersabda, ‘dua rakaat sebelum fajar (sholat subuh) lebih baik nilainya dibandingkan dari dunia dan isinya.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Artinya, orang yang selalu melaksanakan ibadah secara berkelanjutan dan konsisten, maka ia akan disukai oleh Allah. Abu Hurairah RA pernah berkata, bahwa Rasul SAW bersabda mengenai keutamaan yang luar biasa dari sholat subuh.

“Seandainya mereka tahu keutamaan yang ada pada sholat isya dan sholat subuh, maka tentu mereka akan mendatangi (sholat isya dan subuh) bahkan sambil merangkak sekalipun.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Mengikuti teladan rasul

Mengerjakan sholat sunnah qobliyah subuh artinya Grameds telah mengikuti ajaran serta teladan rasul. Rasulullah SAW memberi contoh pada umat-umatnya untuk senantiasa menjaga rutinitasnya dalam melaksanakan sholat qobliyah subuh. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits shahih dari Bukhari dan Muslim, berikut artinya.

“Rasulullah SAW dulu diam di antara adzan muadzin hingga sholat subuh. Sebelum sholat subuh dimulai, Rasul akan mendahului dengan 2 rakaat ringan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Menutup kekurangan pada sholat wajib

Keutamaan ketiga dari sholat sunnah qobliyah subuh adalah menyempurnakan sholat wajib atau menutup kekurangan yang ada ketika melaksanakan sholat wajib. Sebagai manusia, tentu saja tidak pernah luput dari kekurangan maupun kesalahan. Begitu pula ketika melaksanakan sholat fardhu. Tidak jarang, sholat yang dilakukan memiliki kekurangan dalam proses pelaksanaannya pada bagian-bagi tertentu. Contohnya seperti gerakan yang tidak sempurna, bacaan yang mungkin lupa, terlalu buru-buru, tidak khusyuk dan khidmat dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk menyempurnakan sholat fardhu, maka perlu dilaksanakan sholat sunnah.

BACA JUGA:

4. Balasan menanti berupa rumah di surga

Keutamaan lain dari sholat qobliyah subuh adalah mendapatkan rumah di surga sebagai balasan karena telah taat dan beribadah pada Allah. Keutamaan ini, dijelaskan pula dalam sebuah hadist shahih yang disampaikan oleh Ummu Habibah ra, Istri Rasul SAW, berkata:

“Aku mendengar Rasul shallallahu alaihi wa sallam bersabda, seorang hamba yang muslim melaksanakan sholat sunnah yang bukan wajib, karena Allah sebanyak 12 rakaat dalam setiap harinya, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga.

Kemudian Ummu Habibah radhiyallahu anha berkata, setelah aku mendengarkan hadist tersebut, aku tidak pernah meninggalkan shalat tersebut (sholat sunnah).”

5. Selalu berada dalam lindungan Allah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: