Keutamaan Menunaikan Sholat Qobliyah Subuh Bagi Umat Muslim: Dijauhkan dari Api Neraka!

Keutamaan Menunaikan Sholat Qobliyah Subuh Bagi Umat Muslim: Dijauhkan dari Api Neraka!

Ilustrasi umat Islam sedang shalat Dhuha-Foto: Unsplash.com/MasjidPogungDalangan-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Qobliyah subuh merujuk pada waktu pelaksanaannya, yaitu sebelum terbit fajar. Hanya terdapat 2 sholat yang terkhusus dilakukan sebelum fajar tiba, yaitu sholat qobliyah subuh dan sholat Subuh.

Singkatnya, sholat qobliyah subuh adalah sholat sunah 2 rakaat yang dilakukan sebelum sholat subuh. Seperti pada umumnya, terdapat niat sholat qobliyah subuh yang harus dilafalkan sebelum mengerjakannya.

Seperti pelaksanaan sholat yang lainnya, ada niat sholat qobliyah subuh yang perlu dilafalkan sebelum mulai mengerjakan amalan ini. Berikut niat dan tata cara melaksanakan sholat qobliyah subuh.

اُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatas shubhi rak’ataini lillahi ta’ala

Artinya: Aku sengaja melaksanakan sembahyang sunnah subuh dua rakaat karena Allah Ta’ala.

BACA JUGA:

Dilansir dari laman resmi Nahdlatul Ulama Ponorogo, berdasarkan hadits Nabi tentang keutamaan dari sholat fajar yakni akan terhindar dari siksa api neraka. Hal tersebut dijelaskan dalam HR Muslim.

"Siapa pun yang melakukan shalat sebelum Matahari terbit dan sholat sebelum terbenamnya tidak akan masuk neraka." (HR Muslim)

Dalam hadits lainnya, Aisyah RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda bahwa:

لَمْ يَكُنْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى شَيْءٍ مِنْ النَّوَافِلِ أَشَدَّ مِنْهُ تَعَاهُدًا عَلَى رَكْعَتَيْ الْفَجْرِأخرجه الشيخان

Artinya: "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tidak melakukan satu pun shalat sunnah yang kontinuitasnya (kesinambungannya) melebihi dua rakaat (shalat rawatib) Shubuh." (HR. Bukhari)

Sholat qobliyah subuh memang hukumnya tidak wajib, tetapi apabila Grameds melaksanakannya, maka Grameds bisa memperoleh beberapa keutamaan dari sholat sunnah qobliyah subuh. Berikut beberapa keutamaan dari sholat qobliyah subuh.

1. Lebih baik dari dunia beserta isinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: