7 Tips Menjaga Stamina Selama Ramadhan Agar Tubuh Tetap Fit dan Bugar

7 Tips Menjaga Stamina Selama Ramadhan Agar Tubuh Tetap Fit dan Bugar

Tips menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa ramadhan.-Foto: Unsplash.com/GabinVallet-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menjaga stamina dan daya tahan tubuh agar tetap bugar selama berpuasa Ramadhan sangat penting untuk memastikan ibadah berjalan lancar.

Seperti yang diketahui, puasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang mengharuskan kamu menahan lapar dan haus selama beberapa waktu. 

Saat bulan Ramadhan, tubuh tidak akan terhidrasi dengan baik, juga tidak terpenuhi kebutuhan vitamin hariannya. Jika kamu tidak melakukannya dengan cara yang benar, daya tahan tubuh akan menurun. 

Di bulan Ramadhan, kewajiban untuk melaksanakan ibadah pun bertambah, seperti dengan bangun di pertengahan malam, baik untuk sholat malam atuapun santap sahur, sehingga pola tidur pun menjadi tidak teratur.

BACA JUGA:

Hal yang demikian akan menyebabkan terganggunya kesehatan seseorang yang berpuasa. Untuk itu, panduan atau tips menjaga kesehatan tubuh selama puasa di bulan Ramadhan menjadi sangat penting untuk dipahami dan diikuti dengan baik.

Berikut, cara untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan fit selama menjalani ibadah puasa Ramadhan:

Tidak Berlebihan saat Berbuka

Perlu diingat, hindari banyak makan saat berbuka puasa. Kebanyakan makan saat berbuka dapat menyebabkan perut kembung. Usahakan makan dengan porsi secukupnya. Hindari makanan dan minuman manis serta perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

 

Minum Banyak Air

Saat berpuasa, kamu perlu minum air yang cukup saat sahur dan berbuka puasa. Minum air yang cukup selama berpuasa dapat mencegah dehidrasi, yang dapat menjaga sistem kekebalan pada tubuh.

 

Jaga Pola Makan Sahur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: