7 Tips Menjaga Stamina Selama Ramadhan Agar Tubuh Tetap Fit dan Bugar

7 Tips Menjaga Stamina Selama Ramadhan Agar Tubuh Tetap Fit dan Bugar

Tips menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa ramadhan.-Foto: Unsplash.com/GabinVallet-

Makan Sahur memiliki peran yang sangat penting, untuk menjaga stamina tubuh selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan fit, perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat, seperti buah dan sayur, serta hindari makanan yang tinggi minyak, karena akan menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah, hingga menyebabkan kantuk dan lemas di siang hari.

 

Istirahat yang Cukup

Selama berpuasa, kamu biasanya harus bangun untuk makan sahur, yang akan mengubah jadwal tidur. Oleh karena itu, kamu harus memajukan jam tidur lebih awal dari biasanya untuk menghindari kurang tidur. Alasannya, kondisi mengantuk akan mengganggu konsentrasi dan kurang tidur akan melemahkan daya tahan tubuh. Aturlah waktumu dengan baik untuk menyeimbangkan antara aktivitas, ibadah, dan istirahat yang cukup agar ibadah puasamu lancar.

BACA JUGA:

Kurangi Makanan Terlalu Manis, Asin dan Berlemak

Mengonsumsi banyak makanan, apalagi saat malam hari dapat meningkatkan risiko obesitas. Kurangi makanan yang terlalu asin, manis dan berlemak karena bisa menyebabkan rasa lelah.

 

Beraktivitas Fisik

Meski sedang berpuasa, aktivitas fisik sangat penting dalam menjaga kebugaran tubuh. Aktivitas fisik yang dianjurkan antara lain, jalan kaki, bersepeda, senam ataupun aktivitas lainnya minimal selama 30 menit.

 

Olahraga 30 Menit

Meskipun saat siang hari tengah menjalankan ibadah berpuasa, setidaknya luangkan waktu selama 30 menit untuk beraktifitas fisik guna untuk menjaga kebugaran tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: