Intip Simulasi Menu Uji Coba Program Makan Siang Gratis di SMPN 2 Curuq Tangerang

Intip Simulasi Menu Uji Coba Program Makan Siang Gratis di SMPN 2 Curuq Tangerang

Simulasi uji coba makan siang gratis oleh pemerintah.-Foto: Instagram.com/@makassar_info-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Simulasi uji coba makan siang gratis dilaksanakan oleh pemerintah pusat serta pemerintah area di SMPN 2 Curug, Tangerang pada Kamis, 29 Februari 2024.

Dalam uji coba tersebut, pemerintah memberikan makan siang gratis seharga Rp15.000 per porsinya, dengan 4 menu yang dimaksud berbeda, yaitu nasi ayam, nasi semur telur, gado-gado, kemudian siomay. 

Keempat menu yang dimaksud dibuat dengan memperhitungkan nilai gizi, energi, kemudian sumber gizinya. Secara lebih rinci, menu pertama, yakni nasi ayam terdiri dari nasi, ayam goreng tepung, perkedel tahu, sayur capcai, dan pisang dengan total energi 557 kilokalori (kkal) dan protein 15,46 gram. 

Kemudian menu kedua, nasi semur ayam terdiri dari nasi, semur telur, tempe goreng tepung, tumis buncis wortel, dan pisang dengan total energi 568 kkal dan protein 20,39 gram. 

BACA JUGA:

Lalu menu ketiga, gado-gado, terdiri dari lontong, tahu goreng, telur rebus, bumbu kacang, wortel, kol, sawi, dan pisang dengan total energi 588 kkal dan protein 21,13 gram. 

Dan di menu terakhir, siomay, terdiri dari kentang, siomay, telur rebus, bumbu kacang, tahu kukus, kol, dan pisang dengan total energi 595 kkal dan protein 37,39 gram.

Program makan siang gratis ini diketahui sebenarnya identik dengan pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Meski demikian Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut bahwa ia enggan mengaitkan uji coba ini dengan program makan siang gratis Prabowo-Gibran

Airlangga justru menyebut bahwa program ini merupakan bagian dari pemerintah untuk mencapai Indonesia Emas di tahun 2045. Menurutnya, uji coba makan siang gratis ini diprakarsai oleh pemerintah daerah, di hal ini pemerintah Wilayah Tangerang. 

Pelaksanaan uji coba makan siang gratis diklaim tiada menggunakan uang pemerintah pusat yang berasal dari APBN, tapi dari anggaran tempat pemerintah Daerah Tangerang.

Airlangga mengaku pemerintah dalam bawah kepemimpinan Presiden Jokowi tiada mempunyai dan juga menjalankan kegiatan makan siang gratis.

BACA JUGA:

Namun, apabila pemerintah area sukarela untuk menjalankan kegiatan tersebut, pemerintah pusat siap untuk memberikan dukungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: