Survei RedDoorz: Tren Pariwisata Gen Z dan Milenial Pilih Berlibur untuk Hilangkan Stres

Survei RedDoorz: Tren Pariwisata Gen Z dan Milenial Pilih Berlibur untuk Hilangkan Stres

Tren pariwisata Gen Z dan Milenial pilih berlibur untuk hilangkan stres--Foto: kibrispdr.org

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Hasil survei RedDoorz Indonesia menyoroti tren berlibur di kalangan generasi atau gen Z dan milenial, menunjukkan bahwa 67 persen dari kelompok usia 14-42 tahun memilih berlibur sebagai cara untuk menghilangkan stres

Survei dilakukan antara Desember 2023 hingga pertengahan Januari 2024, melibatkan responden pelanggan RedDoorz dari kelompok usia tersebut dan juga dari kelompok Gen X (43-50 tahun).

Alasan berlibur juga berbeda antara generasi X dan generasi Z.

Jika gen Z dan milenial pilih berlibur untuk untuk menghilangkan stres, lain halnya dengan gen X.

Sebanyak 57 persen dari kelompok gen X lebih memilih berlibur untuk mendapatkan waktu berkualitas bersama keluarga. 

Ternyata, preferensi mencari inspirasi liburan juga berbeda; generasi Z dan milenial lebih suka menggunakan media sosial sebagai sumber inspirasi langsung, sementara Gen X masih cenderung mencari inspirasi lewat Google.

BACA JUGA:

Temuan ini mencerminkan pergeseran preferensi dan motivasi berlibur antar generasi, menegaskan bahwa menghilangkan stres menjadi motif utama bagi wisatawan muda, sementara waktu berkualitas bersama keluarga menjadi fokus bagi generasi yang lebih tua.

Yogyakarta dan Bandung mendominasi pilihan destinasi liburan sepanjang tahun 2023, menjadi favorit bagi tiga kelompok wisatawan tersebut. 

Kelompok tersebut cenderung memilih waktu liburan pada momen kunci, terutama cuti bersama Natal dan Tahun Baru (40%), libur sekolah (38%), dan cuti Hari Raya Idul Fitri (37%).

Menariknya, Gen Z dan milenial rata-rata menghabiskan tiga hari untuk liburan, menunjukkan preferensi untuk perjalanan singkat. 

Sementara itu, Gen X lebih cenderung memperpanjang liburan hingga tujuh hari, menunjukkan kecenderungan untuk menikmati waktu liburan dengan durasi lebih panjang.

Temuan menarik lainnya mengungkapkan bahwa 41 persen wisatawan Indonesia dari kelompok Gen Z dan milenial lebih suka merencanakan liburan secara spontan atau mendadak. 

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: