Inilah Pasar-Pasar Unik di Indonesia yang Bisa Dijadikan Tempat Wisata

Inilah Pasar-Pasar Unik di Indonesia yang Bisa Dijadikan Tempat Wisata

Keunikan pasar tradisional di Indonesia, yakni pasar apung-IndonesiaExpat--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mungkin kita mengenal pasar sebagai tempat jual beli yang terkesan kumuh dan tidak teratur. Namun ternyata tidak semua pasar seperti itu loh.

Ada beberapa pasar tradisional di Indonesia yang justru tercipta dari kearifan lokal dan hal ini menjadi daya tarik untuk dijadikan tempat wisata.

Kehadiran pasar tradisional tidak terlepas dari beragam budaya yang dimiliki oleh daerah tersebut. Mulai dari cara dagangnya, sistem jual belinya, hingga lokasi pasar yang bisa dikatakan sangat unik.

BACA JUGA:Mengenal Pasar Comboran, Pasar Loak Terbesar dan Legendaris di Kota Malang Sejak 1942

Perbedaan tersebut menjadi daya tarik para wisatawan lokal dan juga mancanegara untuk berkunjung serta merasakan sendiri pengalaman berbelanja di pasar tersebut.

Tentunya hal ini bisa memberikan ilmu yang membuat kita menambah pengetahuan kita terlebih pada ragam budaya yang ada di Indonesia.

Berikut adalah deretan pasar-pasar unik di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi sebagai tempat wisata:

1. Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar Terapung Lok Baintan, Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini sudah ada sejak abad ke-18. Lokasi pasar ini berada di sepanjang pesisir aliran Sungai Martapura. 

Keunikan dari pasar ini dibandingkan dengan pasar lainnya adalah Pasar Terapung Lok Baintan masih menggunakan sistem barter.

Hal ini mengajak kita untuk flashback ke masa lalu sebelum ditemukan uang sebagai alat tukar menukar. Berkat keunikan tersebut, Pasar Terapung Lok Baintan dinobatkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia pada 2016.

BACA JUGA:Mengenal Little Bangkok, Inovasi Baru Sentra Fashion Impor Pasar Tanah Abang

BACA JUGA:Pasar Tradisional Moderen (PTM) Pasar Minggu Kota Bengkulu, Pusat Penjualan Baju Murah Berkualitas Bagi yang Ingin Tampil Modis

2. Pasar Bisu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: