Intip Keindahan Pesona Alam dan Fakta Menarik Lainnya Dari Puncak Mangu Kaldera Gunung Catur, Badung Bali

Intip Keindahan Pesona Alam dan Fakta Menarik Lainnya Dari Puncak Mangu Kaldera Gunung Catur, Badung Bali

Pura puncak mangu, Gunung Catur, Badung, Bali.-Foto: Instagram.com/@yayagesya_-

JAKARTA, RADARPENA.DISWAY.ID -  Gunung Catur merupakan, Gunung yang memiliki puncak kaldera tertinggi dari sederetan gunung yang ada di jalur tengah pulau Bali.

Gunung ini berada pada ketinggian 2096 mdpl dan membuat kawasan Gunung Catur terlihat lebih berselimut kabut serta udaranya yang dingin.

Gunung Catur ini berlokasi di Banjar Tinggan, Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali. Jika dilihat dari peta, Gunung Catur berada di antara sederetan gunung yang berada di jalur tengah Bali.

Berbicara mengenai Gunung Catur, orang mungkin lebih mengenal Pucak Mangu atau Puncak Mangu. Meski tak seterkenal Gunung Agung dan Gunung Batur, Gunung Catur cukup menantang untuk didaki.

BACA JUGA:

Gunung Catur lebih dikenal sebagai Pucak Mangu karena di puncak terdapat sebuah pura yang diberi nama Pura Pucak Mangu. Suasana gunung juga masih kental dengan budaya Hindu.

Pendaki akan dengan mudah menemukan sesajen di sepanjang jalan pendakian. Sesajen ini biasanya dihaturkan para pendaki sebagai simbol penghormatan dan memohon keselamatan. 

Tak hanya sampai di situ, hingga saat ini masyarakat Hindu masih aktif menyelenggarakan upacara adat di Pura Pucak Mangu. Khususnya masyarakat Desa Pelaga. 

Mengutip dari laman resmi Desa Pelaga, saat pendaki memasuki daerah puncak Gunung Catur, di pertengahan jalan akan dihadapkan dengan dua pohon besar sejajar yang berhimpit.

Bila ditelisik, keberadaannya menyerupai gapura besar yang menyambut pendaki. Penduduk sekitar menyebut pohon ini pohon kembar.

Menurut cerita penduduk, pohon ini merupakan gerbang menuju Puncak Mangu. Siapapun di tempat ini harus sangat menjaga sopan santun, karena adat Bali sangat kental.

Perjalanan menuju puncak Gunung Catur merupakan hutan tropis yang lebat dan rapat. Hal ini membuat para pendaki akan cenderung melalui cuaca berkabut dengan jalur tanah yang lembab. 

Terdapat sejumlah fakta unik dan menarik dari Gunung Catur yang perlu kita ketahui sebelum berkunjung atau mendaki kesana. Yuk, simak fakta-fakta menarik lainnya di bawah ini!

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: