Mengenal Kreatinin, Pengertian dan Hubungannya dengan Kesehatan Ginjal

Mengenal Kreatinin, Pengertian dan Hubungannya dengan Kesehatan Ginjal

Pengertian kreatinin dan hubungannya dengan kesehatan ginjal--Foto : freepik.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Apa itu kreatinin? Pernahkah Anda mendengar istilah ini? Mengapa kreatinin sangat berhubungan erat dengan ginjal

Mari kita kupas bersama pertanyaan-pertanyaan diatas.

Apa itu Kreatinin?

Kreatinin adalah zat yang dihasilkan oleh otot yang sedang beraktivitas atau bergerak. Pada dasarnya kreatinin merupakan zat limbah di dalam darah dan diatur oleh organ ginjal.

Oleh karena itu, kreatinin kerap kali menjadi indikator kesehatan ginjal, apakah organ ini bekerja dengan baik atau tidak.

BACA JUGA:

Kreatinin akan disaring oleh ginjal untuk dibuang melalui urine. Zat ini dapat diidentifikasi melalui pemeriksaan laboratorium untuk memantau kerja dan fungsi ginjal.

Setiap individu akan menunjukkan kadar kreatinin yang berbeda-beda tergantung dengan usia, jenis kelamin, aktivitas, hingga berat badan.

Secara umum, kadar normal dalam pria dewasa adalah 0,6-1,2 mg/dL, sedangkan untuk wanita 0,5-1,1 mg/dL.

Keadaan diluar batas normal menjadi salah satu indikator gangguan fungsi ginjal.

BACA JUGA:

Kondisi kreatinin yang tinggi bisa disebabkan karena asupan protein yang berlebihan, olah raga intens dan penggunaan obat atau suplemen tertentu.

Umumnya, kadar kreatinin yang itnggi tidak membahayakan, namun, kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko kesehatan serius, seperti penyakit ginjal kronis bahkan gagal ginjal.

Kondisi Kadar Kreatinin Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: