7 Makanan Penyebab Kerusakan Ginjal Lebih Cepat: Nomor 3 Paling Sering Dikonsumsi?

7 Makanan Penyebab Kerusakan Ginjal Lebih Cepat: Nomor 3 Paling Sering Dikonsumsi?

Ilustrasi:Beberapa makanan ini harus dihindari untuk mencegah kerusakan ginjal lebih cepat--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tahukah kalian bahwa ada beberapa jenis makanan yang lebih baik dihindarkan untuk menjaga ginjal kita tetap sehat? Meskipun sudah banyak yang mengetahuinya namun masih banyak juga yang tidak memperdulikannya.

Banyak orang tidak menyadari dirinya mengalami penurunan fungsi ginjal hingga di tahap menderita penyakit ginjal kronis, kondisi yang sudah membahayakan.

Memastikan ginjal tetap sehat adalah hal yang penting, karena penyakit ginjal stadium akhir hanya akan menyebabkan penumpukan limbah dalam tubuh dan menimbulkan penyakit lainnya, seperti asam urat, penyakit tulang, dan penyakit jantung.

Oleh karena itu, sebelum terlambat, ada baiknya untuk merawat ginjal sehat agar ginjal tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

BACA JUGA:Waspada! Terlalu Banyak Konsumsi Daging Merah Dapat Memicu Kanker Ginjal

Makanan adalah bagian penting untuk ginjal melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya, dengan makanan yang sehat dan dibutuhkan oleh ginjal maka ginjal dapat bekerja dengan baik.

Ada 7 makanan yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal lebih cepat. Untuk itu, sebaiknya makanan-makanan ini sebisa mungkin untuk dihindari.

Seseorang yang ingin menjaga ginjal sehat, maka perlu membatasi asupan nutrisi tertentu, seperti karbohidrat, natrium, kalium, dan fosfor yang terdapat dalam setidaknya 7 makanan perusak ginjal ini.

Demi menjaga kesehatan ginjal, ada beberapa makanan yang harus dihindari agar tidak merusak fungsi ginjal, seperti: 

1. Makanan tinggi sodium atau natrium

Salah satu contoh makanan yang dapat mempercepat kerusakan ginjal adalah makanan yang mengandung sodium dan natrium tinggi.

Contohnya makanan yang terlalu asin, seperti keripik, makanan kalengan, makanan olahan, kentang goreng, mi instan, dan bumbu instan.

Kelebihan natrium juga bisa meningkatkan tekanan darah dan berpotensi terjadinya pengeluaran kalsium pada tubuh.

BACA JUGA:Bahaya! Kelebihan Garam Dapat Menimbulkan Penyakit Ginjal Kronis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: