Lengkap! Profil 11 Panelis Debat Keempat Pilpres 2024

Lengkap! Profil 11 Panelis Debat Keempat Pilpres 2024

Profil 11 panelis debat keempat Pilpres 2024 lengkap --YouTube KPU RI

8. Rukka Sombolinggi

Sementara itu, Rukka Sombolinggi mengemban tanggung jawab sebagai Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN). 

Pendidikannya dimulai di Fakultas Pertanian Unhas, dan melangkah lebih jauh dengan meraih gelar Master di Ilmu Politik dari Universitas Chulalongkorn, Thailand. 

Aktif dalam gerakan dan advokasi hak-hak masyarakat adat, Rukka juga memiliki pengalaman internasional, seperti bergabung dengan Program Masyarakat Adat Regional UNDP di UNDP Asia Pasific Regional Centre di Bangkok, Thailand pada 2007. 

Dengan latar belakang yang kuat, Rukka berperan penting dalam mendukung hak-hak masyarakat adat di Indonesia.

9. Sudharto P. Hadi

Sudharto Prawoto Hadi, seorang ahli manajemen lingkungan dan guru besar di Universitas Diponegoro (Undip), telah berkontribusi secara signifikan dalam bidangnya. 

Gelar sarjananya didapatkan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) pada 1979, mencerminkan dedikasinya terhadap ilmu sosial. 

Selanjutnya, pada tahun 1989, ia meraih gelar master lingkungan dari York University, menunjukkan komitmennya terhadap pemahaman mendalam tentang isu lingkungan.

Sudharto terus mengejar pengetahuan dan keterampilan dengan melanjutkan studi doktoral di School of Community and Regional Planning University of British Columbia (UBC). 

BACA JUGA:

10. Sulistiyowati Irianto

Sulistiyowati Irianto, seorang Guru Besar Antropologi Hukum di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, telah berkontribusi dalam pendidikan sejak 1986, khususnya dalam Bidang Studi Hukum Masyarakat dan Pembangunan. 

Gelar sarjana administrasi negara dari UGM pada 1985 membuka pintu untuk meraih gelar magister antropologi hukum dari Universitas Leiden dan UI pada 1990. Puncak pencapaian pendidikannya adalah gelar doktor antropologi hukum dari UI pada 2000.

11. Tubagus Furgon Sofhani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: