Depok Segera Hadirkan Angkutan Umum BTS dengan Tarif Gratis Selama 2 Tahun, Ini Rutenya

Depok Segera Hadirkan Angkutan Umum BTS dengan Tarif Gratis Selama 2 Tahun, Ini Rutenya

Pemerintah Kota Depok segera mengoperasikan bus BTS yang akan digratiskan selama 2 tahun-Foto: Busgolan-

Selain itu, untuk mendukung skema BTS itu Pemkot Depok juga mengusulkan penerapan pada 5 koridor.

"Untuk sementara akan dibuka rute pertama, yakni dari Terminal Margonda menuju Stasiun LRT Jabodebek Harjamukti. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa dioperasikan untuk terminal angkutan kota yang ada di Margonda untuk tujuan Stasiun Jatijajar, yang dulu namanya Stasiun Cibubur sekarang namanya Stasiun LRT Harjamukti," terangnya.

BACA JUGA:Heboh! Warga Depok Temukan Granat dan Selongsong Peluru di Rumah Kontrakan

BACA JUGA:APK dan Iklan Caleg Terpasang Semrawut di Depok, Bawaslu Bertindak

Idris menerangkan transportasi bus akan mengangkut warga tanpa biaya selama dua tahun. Yang dimana, nantinya bus tersebut akan terintegrasi Jabodetabek yang juga merupakan wacana dari BPTJ

"Bus yang mengangkut warga selama dua tahun masih gratis, bus akan bolak balik, dan nantinya di seluruh Jabodetabek juga akan kita integrasi, itu wacana perencanaan dari BPTJ," jelas Idris.

Menengani kedepannya dengan penambahan koridor, akan melalui tahapan penilaiain evaluasi BPTJ. Jika dalam hasil evaluasi dinilai baik akan ditambah koridor lainnya.

"Jadi akan dilihat sukses atau tidak untuk mengoperasikan BTS ini, sukses ini artinya lancar dan warga benar-benar mau menggunakan ini. InsyaAllah nanti akan diberikan penilaian evaluasi oleh BPTJ dan dengan evaluasi ini akan ditambah koridor lainnya," ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kepala BPTJ Suharto menuturkan, sebagai pilot project layanan bus dengan skema BTS di Kota Depok, rute pertama yang akan dibuka adalah dari Terminal Margonda menuju Stasiun LRT Jabodebek Harjamukti.

Rute tersebut merupakan rute yang menjadi priorotas dari lima rute yang diusulkan oleh Pemkot Depok yang terintegrasi langsung dengan layanan LRT Jabodebek.

"Mudah-mudahan nantinya Pemerintah Kota Depok dapat menambahkan koridor lagi, sehingga kita dapat mempunyai timeline yang jelas kapan Kota Depok benar-benar selesai untuk restrukturisasi angkutan kota-nya dan konsep angkutan kota yang lebih baik lagi", tandas Suharto.

Dikatakannya, untuk jam operasional angkutan umum ini direncanakan kurang lebih selama 16 jam. Mulai pukul 5 pagi hingga pukul 10 malam, tergantung dari kondisi. 

"Apabila dibawah jam 10 malam sudah tidak ada aktivitas masyarakat, maka jam operasional dapat dimajukan mulai pukul empat pagi," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: